Jakarta (ANTARA) - Timnas bola voli putra Indonesia mengawali keikutsertaannya di Kejuaraan Asia Senior ke-20 di Azadi Sport Complex, Teheran, Iran, Jumat dengan kemenangan atas Kuwait dengan skor 3-1 (22-25, 25-20, 25-17, 25-18).

Tim yang disiapkan untuk SEA Games 2019 Filipina ini berdasarkan data dari PP PBVSI menurutkan skuat terbaik pada laga perdana tersebut yaitu seter Dio Zulfikri, Sigit Ardian, Dimas Saputra, Yuda Mardiansyah, I Putu Randu Wahyu, Rendy Tamamilang, serta libero Bastian.

Meski turun dengan formasi terbaik, anak asuh Li Qiujiang terlihat demam panggung di set pertama. Hasilnya Sigit Ardian dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 22-25.

Tertinggal di set pertama, timnas yang tidak diperkuat Rivan Nurmulki yang masih menjalani penyembuhan cedera langsung menekan di set kedua. Memang saling kejar poin terjadi. Namun, berkat ketenangan pemain, timnas akhirnya mampu mengambil set kedua dengan skor 25-20.

Mampu menyamakan kedudukan membuat pemain timnas Indonesia lebih bersemangat di set ketiga. Tekanan lawan beberapa kali dipatahkan sehingga kembali unggul 25-17. Pada set penentuan, pola serangan tetap sama sehingga timnas kembali sukses meraih kemenangan di set keempat dengan skor 25-18.

Asisten pelatih timnas Indonesia Pascal Wilmar mengatakan pola telat panas masih terjadi di timnas. Namun, ia menyadari jika tim harus menjalani penyesuaian termasuk dengan lokasi pertandingan.

"Biasa pertandingan pertama anak-anak baru penyesuaian lapangan. Banyak mati sendiri," kata asisten pelatih Pascal Wilmar dalam keterangan resminya.

Pada Kejuaraan Asia Senior ke-20 Indonesia tergabung di Pul D bersama Korea Selatan, Kuwait, dan Pakistan. Sebanyak 16 tim mengikuti kejuaraan dua tahunan ini yang dibagi dalam empat pul. Setiap pul nantinya akan diambil dua tim teratas ke babak selanjutnya.

Indonesia menjadi unggulan kelima setelah tuan rumah Iran, juara bertahan Jepang, Kazakhstan, dan Korsel. Unggulan ini disusun berdasarkan hasil kejuaraan yang sama dua tahun lalu di Gresik, Jawa Timur, di mana Indonesia di peringkat keempat.

Timnas Indonesia kembali akan turun menghadapi Pakistan, Sabtu (14/9) serta Minggu (15/9) bertemu Korsel. Jika menang dari Pakistan, maka dipastikan lolos ke babak delapan besar.

Ke-16 tim yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini, selain keempat tim di Pul D, antara lain Iran, Australia, Qatar, dan Sri Langka di Pul A. Di Pul B terdiri dari Jepang, China Taipei, Thailand, dan Hongkong. Sedangkan Kazakhstan, Tiongkok, Oman dan India di Pul C.

Baca juga: Li Qiujiang punya stategi raih medali emas pada SEA games 2019

Baca juga: PP PBVSI panggil 36 atlet untuk SEA Games

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019