Jakarta (ANTARA) - Sutradara "Joker", Todd Phillips, menegaskan kembali filmnya tidak berhubungan dengan DC Universe, termasuk "Batman" yang akan dibintangi oleh Robert Pattinson.

Dalam sebuah tanya jawab pada ajang Toronto International Film Festival 2019, Phillips mengonfirmasi "Joker" adalah produk baru dari Warner Bros dan merupakan proyek DC yang berdiri sendiri.

"Itu benar-benar tidak terhubung dengan (DC) Universe dan itu memang tidak sengaja," ujar Phillips menanggapi spekulasi penggemar yang menemukan koneksi antara "Joker" dan "The Dark Knight", demikian dilansir NME, Jumat.

Baca juga: Joaquin Phoenix tak akan jadi Joker di film "The Batman"

"Maksud saya, ketika saya datang ke Warner Bros dengan ide itu, itu bukan hanya tentang satu film tetapi tentang semacam label dari sisi lain DC, di mana Anda dapat melakukan studi untuk karakternya, membayar sewa yang rendah, anggaran rendah, di mana sang pembuat film bisa masuk dan melakukan beberapa penyelaman yang mendalam pada karakter itu," ujarnya.

Phillips yang baru saja mendapat penghargaan pada Venice Film Festival 2019 itu menambahkan, "Jadi itu tidak pernah dimaksudkan untuk terhubung satu sama lain. Saya tidak melihatnya terhubung pada film apapun pada masa depan. Saya pikir hanya film itu saja."

Sebelumnya pada awal pekan kedua September, Phillips menolak klaim bahwa Joaquin Phoenix bisa menjadi penjahat ikonis untuk bertempur melawan Robert Pattinson yang berperan sebagai Batman.

Baca juga: Joaquin Phoenix terinspirasi pasien gangguan mental perankan Joker

Spekulasi lebih lanjut menyatakan bahwa Joker akan bertanggung jawab untuk memicu dunia baru di alam semesta DC yang dapat mencakup Batman dan Joaquin Phoenix sebagai salah satu penjahatnya.

Namun, Phillips menolak gagasan itu dan mengkonfirmasi bahwa kedua karakter tersebut tidak akan muncul bersama dalam film masa depan.

Baca juga: Sutradara mulai pertimbangkan sekuel "Joker"

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019