Kendari (ANTARA) - Kader Partai Nasional Demokrat (NasDem), di Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil mengamankan 55 kursi dan sekaligus menahkodai tiga kursi sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada tiga daerah di Sultra.

Tiga daerah tersebut yaitu Kolaka Timur, Bombana dan Muna Barat. Ketua DPRD Kolaka Timur dijabat oleh Hj. Suhaeni. Sementara Ketua DPRD Bombana dipimpin oleh Arsyad. Sedangkan Ketua DPRD Muna Barat diemban oleh Wa Ode Siti Sariani Illaihi.

Selain mengamankan posisi Ketua DPRD di 3 daerah. Partai NasDem juga berhsil mengamankan tiga kursi Wakil Ketua DPRD di 3 daerah, yakni DPRD Buton, DPRD Buton Tengah (Buteng) dan Wakatobi.

Wakil Ketua DPRD Buton dijabat oleh Lisna, Wakil Ketua DPRD Buton Tengah diemban oleh Suharman dan Wakil Ketua DPRD Wakatobi dipimpin oleh Sulaeman Akbar.

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Nasdem Sultra, H. Tony Herbiansyah mengungkapkan, pihaknya bersyukur dan mengapreasi kepada kader-kadernya pada Pileg 2019 berhasil merebut posisi ketua dan wakil ketua yang tersebar di 6 daerah.

"Alhamdulillah ini merupakan sebuah kebanggaan untuk kami, terlebih satu calon legislatif DPR-RI dari Nasdem, Hj. Tina Nur Alam berhasil menuju kursi senayan kemarin," ungkap H. Tony Herbiansyah, Sabtu di Kendari.

Kemudian, kader-kader NasDem berhasil mengamankan jabatan ketua Fraksi NasDem dibeberapa daerah yaitu DPRD Sultra Wakatobi, Kolaka, Konawe Selatan, Muna, Baubau, Kota Kendari, Kolaka Timur, Muna Barat, Buton.

Sementara itu, partai besutan Surya Paloh juga berhasil mengamankan kursi wakil ketua fraksi di Konawe, Buton Selatan dan Konawe Utara dan Konawe Kepulauan.

Ditempat yang sama, Sekretaris DPD Nasdem Muna Barat, Ahmad Abas Karib berharap kepada anggota legislatif yang terpilih dapat bekerja sesuai dengan petunjuk peundangan-undangan yang berlaku. Kemudian dapat mengimplentasikan visi misi partai dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga: Tiga anak bupati terpilih caleg DPRD Sultra 2019-2024

Baca juga: DPRD Sultra prihatin helikopter hilang kontak di Papua

Baca juga: DPRD Sultra: jangan saling tuding penyebab banjir


"Dalam artian mereka yang hari ini duduk di legislator mampu mengimplementasikan visi-misi dan tujuan partai. Serta dapat memberi kontribusi untuk membesarkan partai Nasdem," katanya.

Ia juga meminta kepada semua kader agar bisa mempertahankan kursi di DPRD yang telah diraih saat ini yaitu sebanyak 9 kursih. Ia juga sangat bangga karena suara partainya mengalami peningkatan suara dibanding tahun 2014 lalu dimana hanya mendapat dua kursi.

"Jadi ke depan, kami berharap Nasdem dapat mempertahankan komposisi peraihan kursi di DPRD Muna Barat. Bila perlu bertambah menjadi 10 kursi," pungkasnya.
 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019