Di Kediri sejumlah titik di lereng gunung terbakar

id kebakaran lereng gunung wilis,gunung klotok kediri ,kota kediri

Petugas dari TNI, tim pemadam kebakaran, dan relawan dari Kota Kediri, Jawa Timur, memantau titik api yang diduga di Gunung Klotok, Kediri, Sabtu (14/9/2019) malam. (FOTO ANTARA/istimewa)

Kediri (ANTARA) - Kejadian kebakaran terjadi di sejumlah titik wilayah lereng gunung di Kediri, Jawa Timur, sehingga petugas pemadam kebakaran dibantu personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kediri serta TNI berusaha melakukan penyisiran ke lokasi untuk pemetaan guna pemadaman api.

"Kami lakukan penyisiran sekitar Gunung Klotok  di ketinggian 536 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tim BPBD, sukarelawan dan masyarakat sekitar. Untuk posisi yang terbakar (kemungkinan) di lereng gunung sebelah timur, mengingat banyak pohon kering," kata Koordiantor Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Kediri Bambang Riadi di Kediri, Sabtu malam.

Ia mengatakan, dari pantauan yang dilakukan titik api diduga terjadi di Gunung Klotok bagian utara. Daerah itu masuk wilayah Desa Ngesong, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri.

Gunung Klotok adalah salah satu gunung yang dekat kaki Gunung Wilis (2.563 meter mdpl). Gunung Klotok tersebut terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Tim pemadam, kata dia, juga langsung bergerak. Petugas berupaya memetakan dan mencari jalan, dengan harapan jika dekat dengan titik api bisa langsung dilakukan pemadaman agar tidak merembet ke lokasi lainnya.

Pihaknya belum mengetahui dengan pasti penyebab terjadinya kebakaran hutan tersebut. Untuk saat ini, petugas terus melakukan pemantauan sekaligus pengamatan dan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Kediri terkait dengan kejadian kebakaran itu.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Kediri Nurkhamid mengatakan pihaknya siaga dengan adanya kejadian kebakaran hutan tersebut. Terlebih lagi, titik api saat malam hari sangat terlihat.

"Tadi kami dapat aduan terkait dengan kebakaran di lereng Gunung Wilis, Gunung Klotok, wilayah Desa Ngesong yang terbakar. Anggota langsung ke lokasi dan melakukan langkah-langkah koordinasi. Kami juga siaga mengantisipasi apabila menjalar ke Mako Brigif dan permukiman penduduk," kata Nurkhamid.

Sementara itu, kejadian kebakaran juga terjadi pada ilalang di halaman kantor PU Binar Marga Kediri. Tim dari pemadam kebakaran juga langsung ke lokasi, guna melakukan pembasahan agar tidak merembet ke lokasi lainnya. Api berhasil dipadamkan.

Baca juga: Pemadaman kebakaran Gunung Wilis terkendala medan

Baca juga: Petani Kediri terdampak letusan Kelud dapat bantuan pupuk

Baca juga: Ribuan pohon ditanam di lereng Gunung Wilis antisipasi erosi

 

Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar