Pekanbaru (ANTARA) - Sudah sebulan berlalu Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, terus diselimuti kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dan pada Kamis pagi ini asap pekat menurunkan jarak pandang hingga tinggal 700 meter.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Kamis, jarak pandang di sejumlah daerah lainnya juga memburuk pada pagi ini. Di Kabupaten Pelalawan jarak pandang hanya 400 meter, Kota Rengat 500 meter, sedangkan di Kota Dumai lebih baik jarak pandangnya mencapai 1,2 kilometer.

Satelit Terra dan Aqua pada pukul 06.00 WIB mendeteksi ada 612 titik panas di Sumatera, yang jadi indikasi awal karhutla. Lokasi paling banyak di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ada 202 titik, Jambi 166 titik, dan Riau 141 titik panas. Daerah lainnya ada Lampung dengan 33 titik, Sumatera Barat 22 titik, Kepri 4 titik, Sumatera Utara dan Bengkulu masing-masing satu titik.

Baca juga: Menkes minta siagakan ambulans di berbagai titik karhutla

Baca juga: Walhi minta pemerintah tegas cabut izin pelaku Karhutla seperti 2014


Khusus di Riau, dari 141 titik panas yang terdeteksi, lokasi paling banyak di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebanyak 45 titik, Indragiri Hulu (Inhu) 34 titik, Pelalawan 28 titik, Kampar 12 titik, Rokan Hilir 11 titik, Kuansing 6 titik, Rokan Hulu 3 titik, dan Bengkalis dua titik.

Dari jumlah tersebut ada 94 dipastikan titik panas. Asap yang menyelimuti Pekanbaru berasal dari karhutla di Riau sendiri dan juga kiriman dari Sumsel dan Jambi karena angin berembus dari arah tenggara hingga selatan ke utara.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir, mengatakan jumlah kasus kunjungan pasien yang terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Riau cukup tinggi karena pada tanggal 17 September ada 2.450 kasus. Selama periode tanggal 1 hingga 17 September tercatat ada 24.589 kasus ISPA di Riau.

Ia mengatakan dinas kesehatan dengan dukungan Kementerian Kesehatan RI terus berupaya memberikan sosialisasi bahaya kabut asap karhutla dan memperbanyak rumah singgah (safe house) untuk warga. Jumlah safe house ditambah dari 14 menjadi 19 lokasi di Pekanbaru.

“Rumah singgah kini ada 19 lokasi,” katanya.

Fasilitas safe house dilengkapi tenaga medis dan pengobatan dilengkapi tabung oksigen untuk warga yang jadi korban terpapar asap karhutla.

Penambahan rumah singgah ada di Asrama Haji Riau Jln Mekarsari (Samping DPRD Riau-Rs Awal Bross) Pekanbaru, aula Dinas Perikanan Jl Pattimura,Gedung Wanita Jl. Diponegoro, dan Gedung DPRD Riau Jl Jenderal Sudirman.

Baca juga: Anak-anak jatuh sakit akibat sebulan kabut asap selimuti Pekanbaru

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019