Jakarta (ANTARA) - Aslida Rahardjo, yang telah 20 tahun hidup di banyak negara, mengungkap tiga hidangan nusantara favorit para rekannya yang merupakan warga negara asing (WNA).

Aslida yang adalah istri dari mantan Duta Besar Indonesia untuk China Sugeng Rahardjo itu berpendapat, tiga masakan favorit tersebut adalah sate ayam, nasi goreng kampung, dan gado-gado serta kerupuk udang.

"Tiga hidangan itu adalah sate ayam, nasi goreng kampung dan gado-gado. Tapi mereka suka sekali dengan nasi goreng," kata Aslida usai peluncuran buku "Resep Masakan Indonesia di 5 Benua" di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, banyak rekan yang menyukai nasi goreng tradisional Indonesia karena cita rasanya berbeda dengan nasi goreng khas China yang cenderung asin dan berwarna kemerahan.

"Karena kecapnya Indonesia itu rasanya berbeda sekali. Kecap kita ga ada di tempat lain, rasanya manis dan gurih. Itu yang membedakan dan jadi favorit teman-teman di luar negeri," jelas Aslida.

Namun, selain hidangan utama, kehadiran kerupuk udang juga menjadi pelengkap yang ditunggu-tunggu dalam masakan mantan diplomat muda di KBRI Wina, Austria itu.

"Lucunya, mereka juga suka sekali dengan kerupuk udang, atau mereka biasa sebut dengan shrimp crackers sebagai pelengkap yang sederhana namun enak," ujar dia.

Resep nasi goreng tradisional, hingga makanan nusantara lainnya ala Aslida Rahardjo ini dapat ditemukan di bukunya yang bertajuk "Resep Masakan Indonesia di 5 Benua", yang bisa didapatkan mulai hari ini di toko buku maupun secara daring.

Baca juga: Ingin masak tapi sulit dapat bumbu di luar negeri? Coba bahan ini

Baca juga: Memasak hidangan nusantara di lima benua ala Aslida Rahardjo

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019