Jakarta (ANTARA) - Sebagian warga Jakarta yang sering melewati Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, mengaku belum mengetahui adanya jalur sepeda yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Iya ga tau saya mba ada jalur sepeda, kalau ada kan sepanjang jalan ada cat hijaunya," kata Heri, salah satu pengemudi ojek daring yang memarkirkan motornya di jalur sepeda depan stasiun MRT Bundaran HI, Senin.

Heri mengatakan jika Pemprov DKI serius menggarap jalur sepeda seharusnya diikuti dengan sosialisasi yang massif.

"Harus ada sosialisasi, jadi masyarakat seperti saya tahu, jangan dibiarkan seperti ini," ujar Heri.

Baca juga: Di Jakarta kendaraan masuk jalur sepeda dikenakan denda Rp500 ribu
Baca juga: DKI Jakarta akan punya 63 km jalur khusus sepeda


Senada dengan Heri, Ati, warga lainnya mengaku tidak mengetahui adanya jalur untuk pesepeda di kawasan MH Thamrin.

"Saya tidak tahu karena tidak ada sosialisasi, ini kan bahaya juga jalannya untuk kendaraan jadi kecil. Kegedean nih trotoarnya," kata Ati.

Selain Heri dan Ati, warga lainnya yang belum mengetahui adanya jalur sepeda di Jalan MH Thamrin adalah Samsul.

"Ya ga tau, tapi bagus kalau memang ada jalurnya," kata Syamsul.

Syamsul yang sering parkir di dekat lintasan jalur sepeda yang dikerjakan oleh Pemprov DKI merasa tidak terganggu dengan adanya jalur sepeda di Jalan MH Thamrin.

"Gapapa ada jalur sepeda, yang penting bisa lewat," kata Syamsul.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Pertimbangkan Jalur Khusus Sepeda

Ketidaktahuan masyarakat mengenai jalur sepeda di Jalan MH Thamrin terutama di kalangan ojek daring disampaikan oleh petugas keamanan bernama Yupiter Z yang berjaga di Stasiun MRT Bundaran HI yang terletak di depan Pusat Perbelanjaan Plaza Indonesia.

"Masih banyak ojek online yang parkir dan nunggu penumpang di jalur sepeda itu. Kalau sore juga sering dipakai motor soalnya macet," kata Yupiter.

Sebelumnya, pada Jumat (20/9) Gubernur DKI Jakarta mengatakan akan membangun jalur sepeda sepanjang 63 kilometer mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat hingga Jakarta Timur.

Anies juga melakukan uji coba jalur sepeda fase pertama mulai dari Jalan Pemuda-Jalan Medan Merdeka Selatan bersama para pegawai di Pemprov DKI Jakarta.

Nantinya uji coba jalur sepeda berlanjut di fase kedua sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan RS Fatmawati Raya (12 Oktober hingga 1 November 2019) dan fase ketiga sepanjang Jalan Tomang-Jatinegara (2 November hingga 19 November 2019).

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019