Antisipasi kabut asap, PMI Madina bagikan masker kepada warga

id pmi madina, kabut asap,bagikan masker

Relawan PMI Madina saat membagikan masker kepada pengendara, Senin 23/9. (Antara Sumut/Holik)

Panyabungan (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, membagikan masker secara gratis kepada warga di daerah itu demi mengantisipasi dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Markas PMI Kabupaten Mandailing Natal, Awaluddin Nasution, Senin, mengatakan saat membagikan masker tersebut PMI menurunkan puluhan relawan dari markas dan UTD.

Pembagian masker itu difokuskan kepada para pengendara, pejalan kaki dan warga umum yang melintas di sepanjang jalan protokol yang ada di Panyabungan.

Baca juga: BNPB: asap karhutla dari sumatera dan kalimantan kumpul di Pekanbaru

Baca juga: PMI Riau sebar 70 ribu masker untuk warga terdampak asap


Pembagian masker kepada warga tersebut dilakukan di enam titik yakni di depan MAN Panyabungan, depan kantor Bupati Lama, Simpang Titi Kuning, Pasar Baru, Pasar Lama, depan taman kota dan lingkungan Rumah Sakit Umum Panyabungan.

"Dalam kegiatan sosial tadi setidaknya 500 masker kita bagikan kepada warga," katanya.

Dengan semakin pekatnya kabut asap dalam beberapa hari ini di Mandailing Natal kepada masyarakat, ia berpesan, agar menggunakan masker jika beraktivitas di luar ruangan.

"Karena kabut asap ini kan salah satu dampaknya terhadap kesehatan, apaila beraktifitas di luar rumah, gunakan masker demi mengantisipasi terkena ISPA," katanya.

Baca juga: PMI Babel bagikan 7.000 masker ke warga terdampak asap

Pewarta : Juraidi dan Holik
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar