Karapan Sapi Piala Presiden akan digelar di Stadion Moh Noer

id Karapan Sapi Piala Presiden,Karapan Sapi 2019,karapan sapi bangkalan,lomba pacuan sapi

ARSIP: Joki memacu sapinya pada perlombaan karapan sapi di Stadion R Soenarto Hadiwidjojo, Pamekasan, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Saiful Bahri/aww/am.

Bangkalan (ANTARA) - Perlombaan pacuan sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden Republik Indonesia 2019 akan digelar di Stadion Karapan Sapi RP Moh Noer, Bangkalan, Madura, Jawa Timur pada 6 Oktober. 

"Sesuat jadwal, karapan sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI 2019 tahun ini akan digelar 6 Oktober 2019," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Pamekasan Mohammad Hasan Faisol di Bangkalan, Senin.

Panitia lokal bersama Pemkab Bangkalan, telah menggelar rapat koordinasi membahas banyak hal yang berkaitan dengan persiapan kelengkapan sarana dan prasarana pelaksanaan karapan sapi tersebut.

Rencana kegiatan pendukung dari pelaksanaan karapan sapi itu juga telah dipersiapkan secara matang, seperti lokasi pameran hasil kerajinan warga dari empat kabupaten di Pulau Madura, mulai dari Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Kabupaten Bangkalan.

Baca juga: Bangkalan alokasikan Rp1,6 miliar untuk lapangan karapan sapi

Menurut Mohammad Hasan Faisol, selain oleh Pemkab Bangkalan, rapat koordinasi tentang persiapan kegiatan tersebut, juga dipantau secara langsung oleh Pemprov Jatim.

"Ini dimaksudkan agar pelaksanaan sesuai dengan harapan, karena Bangkalan menjadi tuan rumah pelaksanaan karapan sapi  tersebut dan merupakan kali pertama," katanya.

Sebelumnya, karapan sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI selalu digelar di Kabupaten Pamekasan.

Sebanyak 24 pasangan sapi akan bersaing memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI pada pelaksanaan karapan sapi yang akan digelar nanti.

Ke-24 pasangan sapi ini merupakan pasangan sapi pemenang dalam festival karapan sapi di tingkat kabupaten, yakni masing-masing sebanyak enam pasangan sapi. Tiga pasangan pada bagian menang, sedangkan tiga pasangan lainnya pada bagian kalah.

Baca juga: Bangkalan akan gelar Karapan Sapi Piala Presiden 2019

Festival karapan sapi di Madura ini berbeda dengan jenis festival lainnya, yakni ada bagian menang dan bagian kalah.

Yang dimaksud dengan pasangan sapi karapan bagian adalah pasangan sapi yang memang menang saat festival berlangsung, hingga ditetapkan tiga juara, yakni juara 1, 2 dan juara 3.

Sedangkan pada bagian kalah, yakni pasangan sapi karapan yang kalah diadu lagi, dan ditetapkan tiga juara, sehingga disebut pasangan sapi bagian kalah.

"Kategori juara menang dan kalah ini hanya ada di Madura pada festival karapan sapi," kata Kepala Disbudpar Pemkab Bangkalan Mohammad Hasan Faisol.

Baca juga: Sapi Predator raih Piala Presiden
 

Pewarta : Abd Aziz
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar