Sementera itu, situs BMKG memperkirakan hujan akan mengguyur wilayah terdampak karhutla seperti Bengkulu, Sumatera Barat dan Kalimantan Tengah yang berpotensi hujan lebat,
Jakarta (ANTARA) - Meski hujan sudah mengguyur beberapa daerah terdampak kabut asap tapi kualitas udara di sejumlah daerah di Kalimantan dan Sumatera masih berstatus sangat tidak sehat, berdasarkan pantauan dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurut pantauan BMKG di Jakarta, Selasa pagi, memperlihatkan konsentrasi PM10 atau partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 10 mikrometer masih tinggi di sejumlah wilayah Indonesia terutama di daerah terdampak asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Di Palembang, Sumatera Selatan, kualitas udara masih dalam status sangat tidak sehat dengan konsentrasi partikulat PM10 mencapai 322,24 mikrogram/meter kubik dengan pantauan terakhir dilakukan pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Nelayan di Aceh diimbau persingkat waktu melaut selama kabut asap

Sementara itu di Pekanbaru, Riau kualitas udara masuk dalam kategori tidak sehat dengan konsentrasi pertikulat PM10 berada di 195,49 mikrogram/meter kubik.

Udara di Sampit, Kalimantan Tengah juga masih masuk dalam kategori tidak sehat mencapai 188,41 mikrogram/meter kubik.

Sementara itu di Jambi, kualitas udara berada dalam kondisi baik pada pukul 06.00 WIB meski sebelumnya pada subuh sempat masuk dalam kategori tidak sehat memuncak pada pukul 03.00 dengan nilai 202,79 mikrogram/meter kubik.

Baca juga: Wings Air kembalikan tiket calon penumpang akibat kabut asap

Hasil pantauan dari satelit TERRA/AQUA milik LAPAN pada Senin menunjukkan beberapa titik panas masih mendominasi terutama di wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Titik api terbanyak ditemukan di provinsi Kalimantan Tengah dengan 289 titik panas menurut satelit TERA/AQUA di situs sistem monitoring karhutla milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sementera itu, situs BMKG memperkirakan hujan akan mengguyur wilayah terdampak karhutla seperti Bengkulu, Sumatera Barat dan Kalimantan Tengah yang berpotensi hujan lebat.

Baca juga: ACT Sumut kirim ratusan ton bantuan ke Riau

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019