Jakarta (ANTARA) - International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019 etape pertama dari Genteng menuju Kantor Bupati Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu dengan jarak tempuh 133,2 km sudah berakhir dan pebalap asal Mongolia, Maral Erdene Batmunkh menjadi yang tercepat.

Pebalap dari Terengganu Cycling Team Malaysia itu membukukan catatan waktu tiga jam tiga menit 36 detik disusul pebalap Robbie Hucker dari Ukyo Team Jepang dan di posisi tiga ada Jesse Ewart dari Team Sapura Cycling Malaysia.

ITdBI 2019 etape pertama merupakan lintasan cukup digemari pebalap karena terdapat trek datar maupun tanjakan meski tidak tinggi. Kondisi ini jelas membuat persaingan ketat meski akhirnya rombongan terpecah dan hanya lima pebalap yang masuk rombongan terdepan.

Ketatnya persaingan juga terjadi pada pebalap Indonesia. Selamat Juangga dari KFC Cycling Team menjadi satu-satunya pebalap tuan rumah yang sukses masuk 10 besar. Untuk pebalap lain terlepar dari pebalap terdepan dan hanya berada di posisi 13 yaitu Bernard van Aert yang memperkuat timnas Indonesia.
 
Pebalap sepeda beradu cepat pada Kejuaraan Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019 di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (25/9/2019). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/wsj (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA)


Untuk pebalap Indonesia lain tercecer dibelakang seperti halnya pebalap dari PGN Road Cycling Team. Adalah Jamalidin Novardianto yang hanya berada di posisi 17. Jarak catatan waktu dengan pebalap finis terdepan mencapai empat menit 22 detik.

Juara etape pertama ITdBI 2019 Maral Erdene Batmunkh selain memuncaki klasemen umum (yellow jersey) juga berhak memegang jersey raja sprint (green jersey) sementara dengan raihan 26 poin. Sedangkan untuk predikat raja tanjakan (polkadot jersey) sementara dipegang oleh Marcos Garcia dari Kinan Cycling Team dengan delapan poin.

Setelah menyelesaikan etape pertama, pebalap yang finis bakal melanjutkan balapan ke etape dua dari Alas Purwo National Park menuju Kantor Bupati Banyuwangi dengan jarak tempuh 148,2 km.

ITdBI 2019 menempuh total jarak 520,6 km yang terbagi atas empat etape. Pada kejuaraan yang masuk kalender UCI dengan level 2.2 ini diikuti 19 tim termasuk tim tuan rumah Banyuwangi yaitu Banyuwangi Road Cycling Community.

Baca juga: 92 pebalap bersaing di International Tour de Banyuwangi Ijen 2018

Baca juga: Etape terakhir ITDBI 2017 diwarnai dua "pemenang"

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019