Pandeglang, Banten (ANTARA) - Atlet sepeda nasional Zaenal Fanani menjuarai balap sepeda gunung Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM) yang berlangsung di kawasan Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu.

Fanani mencatatkan waktu dua jam tujuh menit dalam kejuaraan balap sepeda gunung yang menempuh rute 50 kilometer melintasi jalur berbukit, pantai berpasir, dan jalan berlumpur itu.

Di posisi kedua ada rekan Fanani sesama atlet pelatnas yakni Rafika M Farishi dengan catatan waktu dua jam 10 menit. Chandra Rafsanzani menempati posisi ketiga yang meraih catatan waktu dua jam 15 menit.

Baca juga: Menpar buka kejuaraan sepeda dan triathlon Tanjung Lesung 2019

Track-nya cukup bagus. Tadi ada tambahan mau finish, feeling kita turun tapi dikasih naik. Tapi itu bagus sekali buat memacu junior,” kata Fanani usai perlombaan.

Selama perlombaan, Fanani mengaku terdapat titik-titik yang tak terduga dan cukup sulit dilalui seperti di km 25 dan km 32. “Abis turun panjang terus dikasih nanjak,” ujarnya.

Selain itu, cuaca perlombaan kali ini juga menantang karena sangat panas dan berdebu, tetapi menurutnya kondisi itu tidak sampai menganggu jalannya pertandingan.

Baca juga: Festival Tanjung Lesung kenalkan sport tourism dan adventures

Kejuaraan MTB XCM 2019 itu, bagi Fanani menjadi ajang pemanasan dan perlombaan yang pas sebelum mengikuti turnamen lain yaitu Asia MTB Championship Series di Timor Leste pada Oktober dan SEA Games di Filipina pada November mendatang.

"Selanjutnya saya akan ikut kejuaraan XCO (Cross Country Olympic) di Timor Leste lalu setelah itu SEA Games,” tutur Fanani.

Perlombaan sepeda gunung MTB XCM merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Tanjung Lesung 2019. Selain MTB XCM, juga ada kejuaraan Rhino Cross Triathlon yang akan dilangsungkan pada Minggu (29/9).

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019