Khusus terhadap masalah Papua, pemerintah perlu bersungguh-sungguh mengatasinya dengan mengintensifkan dialog persuasif
Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia mendesak perlunya dialog persuasif guna menyelesaikan persoalan tragedi di Wamena, Papua.

"Khusus terhadap masalah Papua, pemerintah perlu bersungguh-sungguh mengatasinya dengan mengintensifkan dialog persuasif dan menciptakan kesejahteraan serta keadilan sosial," kata Din kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu mengatakan peristiwa Wamena yang menimbulkan puluhan orang kehilangan jiwa seyogyanya dapat dicegah. Tapi kelambanan mengatasi dan mengantisipasi keadaan nampaknya telah menyulut tragedi sesama anak bangsa.

Baca juga: Din Syamsuddin sesalkan lambannya penegakan hukum kasus rasial Papua

Baca juga: Din Syamsuddin prihatin mahasiswa pengunjuk rasa meninggal


Pertikaian itu, kata dia, mendorong disintegrasi sosial dan potensial meruntuhkan negara Bhineka Tunggal Ika.

Ia mengatakan tindak kekerasan apalagi pembunuhan oleh siapapun dan atas nama apapun harus dihentikan. Sesuai amanat konstitusi, negara harus hadir melindungi rakyat dan segenap tumpah darah Indonesia.

"Semoga Allah SWT melindungi bangsa Indonesia dari perpecahan dan membuka hati pemangku amanat untuk mengemban amanat secara sejati," katanya.

Terkait aksi protes mahasiswa dan pelajar, Din mengatakan itu bukan hal sepele maka perlu disikapi dengan penuh kepedulian. Aksi tersebut merupakan ekspresi kekecewaan menggumpal terhadap pengabaian akan aspirasi rakyat oleh DPR dan pemerintah.

"Sejumlah UU yang disahkan DPR seperti UU tentang KPK, penundaan pengesahan RKUHP dan lain sebagainya menunjukkan DPR dan pemerintah tidak peduli terhadap aspirasi rakyat dan mengabaikan mekanisme pembahasan RUU yang bersifat terbuka," kata dia.

Menurut dia, aksi protes mahasiswa dan pelajar yang merasa memiliki keterpanggilan pengawasan sosial untuk perbaikan justru dihadapi aparat keamanan dan penegakan hukum dengan sikap otoriter dan represif. Akibatnya, jiwa mahasiswa terenggut oleh senjata yang dibeli dengan uang rakyat.

"Demi kemanusiaan yang adil dan beradab dan demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia saya mendesakkan penghentian pendekatan otoriter, represif dan kekerasan negara atas rakyat warga negara," katanya.

Baca juga: Din Syamsuddin minta pendidikan watak diprioritaskan

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019