Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta mengirimkan bantuan ambulans ke lokasi demonstrasi di lokasi gedung DPR/MPR mulai Senin ini dengan didampingi oleh petugas Satpol PP demi menghindari kekerasan terhadap ambulans pada aksi demonstrasi sebelumnya kembali terulang.

"Sekarang kami dampingi mereka dengan petugas Satpol PP. Jadi petugas-petugas Pol PP mendampingi ambulans," kata Anies di Jakarta, Senin.

Baca juga: Polisi akui salah viralkan video ambulans DKI angkut batu dan perusuh

Baca juga: Ambulans diduga suplai batu, Anies: ada potensi fitnah

Baca juga: Sebut Anies terlibat ambulans bawa batu, Immanuel Ebenezer dipolisikan


Anies memastikan petugas kesehatan akan membantu apabila ada korban jatuh sakit di lokasi demo dan bertugas sesuai aturan Standar Operasional (SOP) yang berlaku.

"Petugas kami yang bertugas mengikuti SOP, tertib kok," katanya.

Mantan Menteri Pendidikan ini menyebut pengiriman ambulans bukan hal baru bagi Pemprov DKI. Setiap acara apapun baik olahraga maupun event lain yang ada permintaan maka DKI akan mengirimkan.

"Begini perlu dicatat bahwa Pemprov DKI mengirimkan ambulans itu berdasarkan permintaan Polda. Jadi kalau kita mengirimkan bukan inisiatif kita sendiri saja," katanya menambahkan.

Sebelumnya, usai aksi demonstrasi yang dilakukan oleh pelajar SMK, pada Kamis (26/9) dinihari, terjadi pengamanan lima unit mobil ambulans milik PMI dan Pemprov DKI Jakarta beserta petugas medis di dalamnya.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh TMC Polda Metro Jaya dalam akun twitter dan Instagram pada Kamis (26/9) dinihari, memperlihatkan dua mobil ambulans, di mana yang satu berlogo PMI dan satu ambulans lainnya ada tulisan Puskesmas Pademangan yang disebut oleh perekam video sebagai pembawa batu.

Sementara di sosial media twitter video tersebut telah dihapus, rekaman tersebut sebelumnya masih bisa dilihat di akun instagram TMC Polda Metro Jaya.

Setelahnya, Polda Metro Jaya membenarkan telah mengamankan lima mobil ambulans berlogo Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI karena mengangkut batu dan bensin saat terjadi aksi kerusuhan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono memastikan hal itu, Kamis paginya. Argo menyebutkan, mobil ambulans itu diamankan pada Kamis (26/9) dinihari sekitar pukul 02.14 WIB di dekat Gardu Tol Pejompongan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019