Ini akan menjadi kado terindah bagi NTT nanti. Oleh karena itu saat ini sedang terus dibangun
Kupang (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang menargetkan pembangunan terminal di bandara itu akan selesai pada Desember 2019 sebelum HUT ke-61 NTT pada 20 Desember.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang Barata Singgih ditemui di Kupang, Selasa, mengatakan bahwa selesainya pembangunan terminal bandara itu akan menjadi kado terindah buat NTT pada Desember nanti.

"Ini akan menjadi kado terindah bagi NTT nanti. Oleh karena itu saat ini sedang terus dibangun," kata dia.

Barata mengatakan sampai saat ini progres pembangunan terminal penumpang berlantai dua itu sudah mencapai 60 persen.

Baca juga: Bandara El Tari akan dilengkapi alat pendeteksi angin

Saat ini kata dia, sebagian atap dari bangunan terminal itu sudah mulai ditutup oleh pekerja.

Pembangunan terminal itu sendiri juga, kata dia, bagian dari cara Angkasa Pura I untuk melayani pengguna jasa di bandara itu.

"Apalagi jumlah penumpang di bandara ini juga setiap tahun semakin meningkat," ujar dia.

Ia mengatakan dengan pengembangan terminal bandara El Tari, maka daya tampung penumpang pertahunnya bisa mencapai 3 juta orang dari sebelumnya yang hanya mampu menampung 2,2 juta per tahun.

Saat ini jumlah pengguna jasa yang menggunakan bandara Internasional El Tari Kupang per harinya berkisar dari 5 ribu hingga 6 ribu per hari.

Dari trafik pergerakan penumpang sejak 2016 sendiri, kata dia, terus mengalami peningkatan. Pada 2016 sebanyak 1.942.049 orang menjadi 2.099.890 orang di tahun 2017, kemudian pada 2018 meningkat menjadi 2,2 juta orang.

Baca juga: Maskapai belum optimalkan kapasitas runway Bandara El Tari
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019