Dengan kenaikan pangkat berarti bertambah tugas serta tanggung jawab bagi seorang prajurit, dan ini merupakan suatu amanah dari Tuhan yang harus dipertanggungjawabkan melalui pengabdian bagi bangsa dan negara
Tahuna, Sulut (ANTARA) - Sebanyak 13 orang prajurit TNI di Kodim 1301/Sangihe, Sulawesi Utara, yang termasuk salah pulau terluar Sulawesi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina menerima kenaikan pangkat terhitung 1 Oktober 2019.

Upacara kenaikan pangkat tersebut dipimpin oleh Dandim Sangihe Letkol (Inf) Saiful Parenrengi di Makodim Sangihe, Senin, di Tahuna, Ibu Kota Kabupaten Sangihe.

Prajurit TNI Kodim Sangihe yang menerima kenaikan pangkat itu terdiri atas letnan satu (Lettu) menjadi Kapten sebanyak 1 orang, sersan kepala (Serka) menjadi sersan mayor (Serma) 2 orang, sersan tatu (Sertu) menjadi Serka sebanyak 3 orang, sersan dua (Serda) menjadi Sertu 3 orang serta dari tamtama prajurit kepala (Praka) menjadi kopral dua (Kopda) 4 orang.

Komandan Kodim 1301/Sangihe Saiful Parenrengi menyampaikan selamat kepada 13 prajurit yang menerima kenaikan pangkat.

"Kami menyampaikan selamat bagi prajurit yang menerima kenaikan pangkat pada saat ini," katanya.

Indonesia-Filipina kesepakatan terkait perbatasan




Dia mengatakan, kenaikan pangkat merupakan suatu kehormatan bagi setiap prajurit.

"Dalam kehidupan militer, kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi adalah suatu kehormatan yang patut disyukuri oleh setiap prajurit," katanya.

Baca juga: Ini mekanisme pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia-Filipina

Baca juga: TNI AL siagakan kapal perang di perbatasan Indonesia-Filipina


Menurut Dandim, kenaikan pangkat diberikan kepada setiap prajurit TNI yang mampu menunjukkan prestasi, dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang tinggi.

Dengan kenaikan pangkat berarti bertambah tugas serta tanggung jawab bagi seorang prajurit, dan ini merupakan suatu amanah dari Tuhan yang harus dipertanggungjawabkan melalui pengabdian bagi bangsa dan negara, demikian Saiful Parenrengi.

Baca juga: TNI AL bangun dermaga di Sangihe

Baca juga: TNI Pasang Radar Awasi Laut Ambalat-Tahuna

Baca juga: TNI AU tingkatkan patroli udara di perbatasan Filipina

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019