Cepatnya perambatan api dikarenakan rumah warga yang merupakan bangunan lama bermaterial kayu yang sudah menua, dengan petak seluas 2x3 meter
Jakarta (ANTARA) - Lurah Maphar Iif Satria mengatakan kebakaran yang melanda puluhan rumah warga di Jalan Kebon Jeruk 13, Maphar, Taman Sari Jakarta Barat terjadi dalam waktu singkat hanya sekitar 15 menit.

"Hanya 15 menit, itu waktu yang singkat tapi sudah membakar puluhan rumah warga di Kelurahan Maphar, merambat sampai rumah seberang kali di Kelurahan Taman Sari," ujar Iif saat ditemui di lokasi kejadian, Senin.

Iif mengatakan cepatnya perambatan api dikarenakan rumah warga yang merupakan bangunan lama bermaterial kayu yang sudah menua, dengan petak seluas 2x3 meter.

Baca juga: Kerugian akibat kebakaran Taman Sari diperkirakan Rp8 miliar

Baca juga: Kebakaran Taman Sari diduga akibat bocah main korek api

Baca juga: Terjadi kebakaran rumah di Taman Sari


"Orang mau ngeluarin diri dari rumah juga susah, listrik juga tidak langsung dipadamkan saking cepatnya api menyambar," ujar dia.

Ia membenarkan bahwa kebakaran terjadi akibat anak kecil yang tinggal di sebuah rumah petak bermain korek api. Kebakaran merambat ke dapur, rumah, hingga rumah tetangga sekitar.

Data terkini yang didapat dari Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Taman Sari, setidaknya 74 rumah terbakar, dan 200 Kepala Keluarga terdampak.

Sebelumnya, kebakaran terjadi pada Minggu (5/10) pagi sekitar pukul 11.25 WIB mengakibatkan wilayah RT 01,02,03 dan 04 di RW 07 Kelurahan Maphar, serta RT 012/05 Kelurahan Taman Sari terdampak.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dari penduduk terdampak. Kerugian ditaksir mencapai Rp8 miliar.

Pemadaman selesai sekitar pukul 17.50 WIB, dengan 27 unit mobil pemadam kebakaran serta pendukung yang berhasil mencegah perambatan api.
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019