Perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai dimulai pukul 05.10 WIB

id KA bandara, Stasiu Manggarai, Railink, PT KAI,Menteri Perhubungan,Budi Karya Sumadi

Kereta Api (KA) Bandara saat berangkat dari Stasiun Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (8/10/2019). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Jakarta (ANTARA) - Terhitung sejak Sabtu (5/10) Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, telah menyediakan layanan Kereta Api (KA) Bandara rute Stasiun Manggarai-Stasiun Bandara Soekarno Hatta dengan keberangkatan pertama dimulai pukul 05.10 WIB.

"KA Bandara di Stasiun Manggarai beroperasi setiap hari, keberangkatan paling pagi mulai pukul 05.10 WIB," kata Wakil Kepala Stasiun Manggarai, Nucholis saat ditemui di Stasiun Manggarai, Selasa.

Nurcholis menjelaskan, perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai tersedia setiap 30 menit sekali. Total ada 34 perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai- Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Pelayanan dilakukan setiap hari mulai dari pukul 05.10 WIB sampai pukul 21.40 WIB.

"Keberangkatan KA Bandara berikutnya tersedia di pukul 05.40 WIB, 06.10 WIB, 06.40 WIB dan seterusnya," kata Cholis.

Baca juga: Penumpang kereta Bekasi minta buka kembali jalur bandara
Baca juga: Railink suguhkan musik jazz tarik minat penumpang


Perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bandara dapat ditempuh dengan waktu kurang dari satu jam atau antara sekitar 47 menit sampai dengan 57 menit.

Selama perjalanan, KA Bandara akan menyinggahi atau berhenti di sejumlah stasiun seperti Stasiun Sudirman Baru atau BNI City, Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper.

Pada awalnya, KA Bandara Stasiun Manggarai berjumlah 35 perjalanan, tapi satu perjalanan dibatalkan, yakni KA Nomor KP/7103C-KP/7104C untuk keberangkatan pagi pukul 04.40 WIB.

"Tingkat okupansinya tidak terlalu tinggi, jadi perjalanan pagi pukul 04.40 WIB ditiadakan," kata Cholis.

Untuk tarif saat ini diberlakukan harga promo. Pengguna cukup membayar Rp40 ribu saja dari Manggarai sampai Bandara Seokarno-Hatta. Promo ini berlaku sampai akhir Oktober 2019.

Bagi pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek, sebelum mengakses KA Bandara yang terletak di peron sembilan, harus melakukan tap out terlebih dahulu untuk perjalanan KRL-nya.

Layanan kereta listrik menuju Bandara Soekarno-Hatta yang dioperasikan oleh PT Railink ini sebelumnya hanya bisa melalui Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper, tetapi kini bisa diakses dari Stasiun Manggarai.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya meluncurkan pengoperasian awal KA Bandara di Stasiun Manggarai, Sabtu (5/10). Layanan ini bisa diakses masyarakat khususnya para pengguna kereta Jabodetabek atau KRL Commuter Line bisa mengakses layanan tersebut dari Manggarai.

Budi berharap beroperasinya KA Bandara dari Stasiun Manggarai dapat menjadi alternatif menuju Bandara Soekarno-Hatta dan berharap penggunanya semakin bertambah.

KA Bandara tidak hanya melayani masyarakat dari Manggarai saja, tetapi juga masyarakat dari wilayah Bekasi, Cikarang, Depok dan Bogor yang menggunakan KRL Jabodetabek.

"Penumpang responsnya baik, mereka berangkat dari Manggarai itu berarti point to point. Artinya apa? Bukan saja penumpang Manggarai tapi Depok, Cikarang, itu sentralnya di Manggarai," kata Budi saat peluncuran pada Sabtu (5/10).
 

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar