..sampai dengan 4 Oktober 2019, progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap pertama telah mencapai 66,13 persen.
Jakarta (ANTARA) - Rangkaian kereta untuk LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi) diperkirakan tiba di Jakarta dari Madiun pada Sabtu (12/10).

"Trainset (rangkaian kereta) sedang proses pengiriman dari PT INKA di Madiun untuk diserahkan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI), diperkirakan Sabtu 12 Oktober 2019 tiba di Jakarta," ujar Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk, P. Noegroho saat dihubungi Antara di Jakarta, Rabu.

Selain itu dia juga menambahkan bahwa sampai dengan 4 Oktober 2019, progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap pertama telah mencapai 66,13 persen.

Progres pelaksanaan pembangunan prasarana lintas pelayanan 1 dengan rute Cawang-Cibubur telah mencapai 85,7 persen.

Sedangkan progres pelaksanaan pembangunan prasarana lintas pelayanan 2 dengan rute Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 56,1 persen.

Untuk progres pelaksanaan pembangunan prasarana lintas pelayanan 3 dengan rute Cawang-Bekasi Timur mencapai 59,5 persen.

Baca juga: LRT Jabodebek akan diuji coba akhir Oktober, cibubur sampai cawang

"Secara umum permasalahan sudah diatasi bersama para pihak, hanya tinggal beberapa titik yg masih proses pembebasan," kata P. Noegroho.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi) akan dilakukan akhir Oktober seiring dengan pengiriman bertahap rangkaian kereta oleh PT INKA (Persero).

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa uji coba LRT Jabodebek akan dilakukan untuk trayek Cibubur-Cawang.

Baca juga: LRT tanggapi kritik kursi kereta tanpa lapisan busa

Pemerintah memiliki waktu sekitar dua tahun untuk melakukan uji coba operasi LRT Jabodebek sebelum beroperasi komersial pada November 2021 mendatang.

Ia mengatakan waktu uji coba LRT Jabodebek yang panjang memang diperlukan agar operasional transportasi massal itu bisa optimal. Hal itu juga perlu dilakukan merujuk pada lamanya uji coba yang dilakukan di MRT Jakarta dan LRT Palembang.

Uji coba operasi LRT Jabodebek akan dimulai meski progres pembangunan belum sepenuhnya rampung.

Baca juga: BUMD transportasi bakal disanksi kalau standar pelayanan tak dipenuhi
Baca juga: Penumpang bandingkan fasilitas LRT dan KRL


Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019