Manggarai jadi stasiun sentral dan Gambir akan kembali seperti semula untuk commuter line
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menilai Stasiun KA Manggarai, Jakarta, ideal sebagai stasiun sentral karena Gambir sudah tidak bisa dikembangkan lagi.

"Kita tetap sesuai dengan perencanaan  karena memang sudah lama, sudah sangat ideal di situ ( Manggarai), karena kalau Stasiun Gambir tidak bisa dikembangkan lagi, apalagi stasiun lain,” kata Kasubag Humas Ditjen Perkeretaapian Supandi di Jakarta, Rabu.

Supandi menjelaskan Stasiun Manggarai memang dirancang untuk stasiun ultimate yang perencanaannya sudah dilakukan sejak lama.

“Kita tidak tiba-tiba mengubah rencana tersebut, kita juga sudah studi. Manggarai jadi stasiun sentral dan Gambir akan kembali seperti semula untuk commuter line,” katanya.

Dengan pemindahan KA jarak jauh dari Gambir ke Manggarai, maka diharapkan pengoperasian akan terpusat ditambah saat ini sudah bisa mengakses KA Bandara dari stasiun tersebut.

Baca juga: Perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai dimulai pukul 05.10 WIB

Supandi mengatakan dengan pemindahan tersebut, wilayah sekitar juga tentunya akan ditata sedemikian rupa dalam kurun waktu hingga dua tahun mendatang sekaligus menunggu kesiapan jalur dwiganda.

"Kita kan masih ada waktu dua tahun. Kalau rencananya akhir 2021 itu hanya pembangunan stasiun selesai. Tapi sepanjang itu kita kan akan melakukan penataan, khususnya menunggu kesiapan jalur dwiganda. Kalau ini enggak selesai juga kan gak bisa dipindah dulu," katanya.

Terkait lahan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan PT Kereta Api Indonesia agar bisa diselesaikan untuk kemudahan akses penumpang.

“Koordinasi kita lakukan terus, terkait penertiban, dengan RT/RW kelurahan dan kecamatan terus dilakukan penertiban berbasis dialog dan musyawarah,” katanya.

Selain itu juga akan dibangun Halte Transjakarta yang terhubung dengan stasiun dan area komersial akan diisi oleh gerai-gerai layaknya di Stasiun Gambir.

"Jadi nanti akan bangun Halte Transjakarta yang terhubung dengan stasiun, di Pasar Raya juga akan dibangun untuk terbangun sampai stasiun," ujarnya.

Pemerintah akan memindahkan fungsi stasiun sentral dari Gambir ke Manggarai  pada 2021 dan Stasiun Gambir akan dikembalikan fungsinya sebagai naik turunnya penumpang kereta rel listrik (KRL).

Baca juga: Warga manfaatkan promo KA Bandara Stasiun Manggarai
Baca juga: PT KAI siapkan lahan untuk pengumpan di Stasiun Manggarai


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019