Total ada 68 perjalanan pulang pergi (PP) setiap harinya
Jakarta (ANTARA) - Kereta Api (KA) Bandara rute Stasiun Manggarai - Bandara Soekarno Hatta melayani 68 perjalanan setiap hari sejak dibuka lima hari lalu.

"Total ada 68 perjalanan pulang pergi (PP) setiap harinya, 34 perjalanan dari Manggarai ke Soetta dan 34 lainnya dari Soetta ke Mangarai," kata Vice President Commercial PT Railink, Fitri Kusumo Wardhani kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Menurut Fitri, layanan KA Bandara tersedia setiap 30 menit sekali baik di Stasiun Manggarai dengan keberangkatan paling pagi dimulai pukul 05.10 WIB dan keberangkatan akhir pukul 21.40 WIB.

Baca juga: Pengguna KA Bandara 500 penumpang per hari

Begitu pula dari Stasiun Soetta keberangkatan KA Bandara paling pagi mulai pukul 06.07 dan terakhir pukul 22.37 WIB.

KA Bandara ini pun terdiri atas enam rangkaian kereta dengan kapasitas 272 tempat duduk untuk satu kali keberangkatan.

Layanan KA Bandara Soetta telah beroperasi sejak 2017, dengan keberangkatan awal dimulai dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) menuju Stasiun Soetta.

Baca juga: Pengguna sebut KA Bandara lebih cepat dan bebas macet

Tepat pada Sabtu (5/10) relasai KA Bandara diperpanjang hingga Stasiun Manggarai dan diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menurut Fitri, perpanjangan relasi KA Bandara ke Stasiun Manggarai menunjukkan tren positif adanya peningkatan jumlah pengguna layanan.

"Dengan dibukanya layanan naik turun penumpang di Stasiun Manggarai ada penambahan penumpang baru yang berangkat dari Manggarai," kata Fitri.

Fitri menambahkan, selain di Stasiun Manggarai, layanan naik turun penumpang masih tetap dilayani dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) maupun Stasiun Duri dan Batu Ceper.

Baca juga: Warga manfaatkan promo KA Bandara Stasiun Manggarai

Pada hari pertama pengoperasian KA Bandara dari Stasiun Manggarai Sabtu (5/10) tercatat jumlah penumpang pulang dan pergi Stasiun Manggarai-Stasiun Soetta sebanyak 3.938 penumpang.

Jumlah penumpang berangkat dari Stasiun Manggarai sebanyak 527 penumpang dan turun di Stasiun Manggarai sebanyak 519 penumpang.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019