Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II minggu ini resmi mengoperasikan tiga bandara yang sebelumnya dioperasikan Kementerian Perhubungan, sehingga total bandara yang dioperasikan menjadi 19 bandara.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, menyebutkan tiga bandara tambahan yang akan dikelola Angkasa Pura II adalah Bandara HAS Hanandjoeddin di Belitung, Bandara Fatmawati Soekarno di Bengkulu dan Bandara Radin Inten II di Lampung.

Pengelolaan bandara-bandara itu segera diserahkan ke Angkasa Pura II oleh Kementerian Perhubungan melalui skema Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) aset Barang Milik Negara.

Baca juga: AP II kaji potensi Bandara Singkawang

Adapun pada tahun lalu, lewat skema KSP, Kemenhub juga menyerahkan pengelolaan Bandara Tjilik Riwut ke Angkasa Pura II.

“Setelah tahun lalu Tjilik Riwut, pada tahun ini Kemenhub akan menyerahkan pengelolaan Bandara HAS Hanandjoeddin, Fatmawati Soekarno, dan Radin Inten II ke Angkasa Pura II lewat skema KSP. Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang mempercayakan AP II untuk mengelola empat bandara itu dengan skema KSP,” kata Awaluddin.

Dia menambahkan Angkasa Pura II siap meningkatkan kinerja keempat bandara tersebut hingga bisa berkontribusi optimal dan maksimal dalam mendukung pariwisata serta perekonomian setempat.

“Keempat bandara itu memiliki infrastruktur di sisi darat dan udara yang cukup untuk saat ini dalam mengembangkan konektivitas transportasi udara. Namun demikian untuk meraih potensi pasar dan meningkatkan layanan, Angkasa Pura II akan melakukan berbagai pengembangan,” ujarnya.

Baca juga: Hadirkan layanan serba digital, AP II gandeng Astra

Berikut profil bandara-bandara yang pengelolaannya diserahkan ke Angkasa Pura II melalui skema KSP:

Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya memiliki Terminal baru dengan luas sekitar 30.000 meter persegi ini berkapasitas 2.200 orang per hari dan telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 8 April 2019.

Adapun sepanjang tahun lalu jumlah penumpang di bandara ini tercatat sekitar 1 juta penumpang, dan Angkasa Pura II akan melakukan pengembangan hingga bisa mengantisipasi pergerapan mencapai 8 juta penumpang per tahun.

Tjilik Riwut juga dilengkapi dengan runway berukuran 2.500 x 45 meter, di mana saat ini terdapat 32 pergerakan pesawat per hari.

Bandara ini juga dilengkapi apron berukuran 328 x 110 meter dengan parking stand yang mampu menampung sebanyak empat pesawat berbadan lebar.

Bandara Radin Inten II, Lampung

Bandara Radin Inten II memiliki terminal penumpang pesawat baru yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 8 Maret 2019.

Terminal baru seluas 9.650 meter persegi berkapasitas sekitar 3 juta penumpang per tahun, dan didukung runway berukuran 2.500 x 45 meter serta apron berukuran 565 x 110 meter untuk 12 parking stand pesawat.

Tidak hanya itu, bandara ini juga memiliki tiga helipad berukuran 24 x 24 meter.

Adapun jumlah penumpang pesawat pada tahun lalu mencapai 1,99 juta penumpang, dengan pergerakan pesawat 16.058 pergerakan.

Bandara Lampung sangat mungkin mendukung operasional dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta karena jaraknya yang tidak begitu jauh.

Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung

Bandara HAS Hanandjoeddin masuk ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, di mana destinasi pariwisata terdekat bandara ini adalah Tanjung Kelayang. Adapun Tanjung Kelayang masuk dalam program “10 Bali Baru” yang dicanangkan pemerintah.

Kapasitas terminal penumpang pesawat ini adalah sekitar 400.000 penumpang per tahun, sementara pergerakan penumpang sepanjang 2018 telah mencapai 1 juta penumpang per tahun.

Adapun bandara ini dilengkapi dengan landasan pacu berukuran 2.400 x 45 meter, dengan volume pergerakan pesawat pada 2018 tercatat 9.534 penumpang.

Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu

Pertumbuhan penerbangan dari dan ke Bengkulu cukup tinggi, di mana pada 2018 pergerakan penumpang pesawat di Bandara Fatmawati Soekarno tercatat menacapai 1 juta penumpang atau melebih kapasitas terminal 500.000 penumpang per tahun.

Angkasa Pura II telah memiliki rencana pengembangan terminal penumpang pesawat guna mengantisipasi pergerakan 5,6 juta penumpang.

Adapun saat ini Bandara Fatmawati Soekarno beroperasi dengan runway berukuran 2.500 x 45 meter untuk melayani maksimal pesawat Boeing 737-900 ER dan yang sejenis.

Lokasi Bandara Fatmawati Soekarno cukup dekat dengan lain bandara Angkasa Pura II lainnya yaitu Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dan Radin Inten II (Lampung), sehingga pengembangan tiga bandara itu mengusung konsep multi-airport system agar sektor perhubungan udara dapat maksimal dalam mendukung perekonomian dan pariwisata di Pulau Sumatera.

Direncanakan Penandatanganan Kerjasama Pemanfaatan Barang Milik Negara beserta Berita Acara Serah Terima Operasi ketiga Bandara (Lampung, Bengkulu dan Belitung) ini akan dilakukan di akhir minggu ini.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019