Alhamdulillah, acara kemarin menurut catatan kami mendatangkan lebih dari target 2.000 pengunjung
Jakarta (ANTARA) - Total pengunjung Pulau Kelapa saat Festival Seribu Utara berlangsung melebihi target pengunjung, menurut pejabat setempat.

"Alhamdulillah, acara kemarin menurut catatan kami mendatangkan lebih dari target 2.000 pengunjung yang datang," ujar Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia di Jakarta, Minggu.

Cucu mengatakan perhitungan tersebut didapatkan dari pengunjung yang berlayar dari Kali Adem Muara Angke, Marina Ancol, Sunda Kelapa Kemayoran dan Rawa Saban Tangerang.

Baca juga: Penggemar nantikan Tony Q di Festival Seribu Utara dengan berkemping

Pengunjung hingga Sabtu (12/10) siang tercatat sebanyak 1.809 orang. Hingga sore hari, pengunjung yang datang dari dermaga makin bertambah ramai.

Festival Seribu Utara digelar sebagai bagian dari usaha mempromosikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata Jakarta.

Acara tersebut juga sekaligus mengkampanyekan wisata ke pulau aman bagi pengunjung, agar tidak takut berkunjung ke pantai.

Baca juga: Andi/Rif terkesan dengan keindahan Kepulauan Seribu

"Apalagi kemarin awal tahun, wisata kita tersendat karena pengaruh tsunami Banten, orang pada takut ke pantai. Acara ni menunjukkan kalau wisata ke pulau itu aman," kata dia

"Jadi bisa dibayangkan Pulau Seribu dengan potensi yang ada, hanya Jabodetabek hanya 30 persen yang tahu, ini juga salah satu tugas pemerintah untuk promosi dengan bikin agenda," ujar dia.

Alunan musik "reggae" yang dibawakan band PMR hingga Tony Q Rastafara menggoyang pengunjung Festival Seribu Utara di lapangan sepak bola Pulau Kelapa, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.

Baca juga: Keseruan Oceanic Folk Festival Jakarta di Pulau Tidung

Acara dibuka dengan band pembuka "Santri Rock" yang membawakan musik populer religi bernuansa "rock" dan "reggae" hingga berhenti sejenak saat memasuki magrib.

Penampilan bintang tamu dilanjutkan dengan penampilan Band PMR yang membawakan aliran dangdut dan "reggae" rancak, menjadi musik pemanasan bagi para pengunjung.

Selanjutnya, Jalie Gimbals membawakan tembang-tembang populer "reggae" seperti "Selow", "No Woman No Cry," "Red Red Wine," "Anak Pantai," dan sebagainya. Suasana pengunjung semakin menjadi riuh.

Baca juga: Kunjungan wisata Kepulauan Seribu sempat turun pascatsunami

Terakhir, Tony Q Rastafara yang disebut sebagai presiden "reggae" Indonesia menyapa pengunjung festival dengan tembang "Manteman, "Kong Kaling Kong", hingga "Gembir adalah Obat."

Festival Seribu Utara diinisiasi oleh Karang Taruna dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. Kegiatan ini digelar untuk memajukan sektor pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Kepulauan Seribu Utara.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019