Hutan kawasan Perhutani di Cikuray Garut masih terbakar

id Gunung Cikuray,garut,bpbd garut,bksda

Kebakaran hutan di Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (13/10/2019) malam. (ANTARA/HO BPBD Garut)

Garut (ANTARA) - Lahan hutan kawasan Perum Perhutani di Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Jawa Barat, masih terbakar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, Senin mengatakan, kebakaran hutan sudah terjadi sejak Minggu (13/10), dan berupaya melakukan pemadaman hingga malam.

"Sekarang menyala lagi, malam sudah padam," kata Tubagus melalui telepon seluler.

Ia menuturkan, jajaran BPBD Garut bersama petugas gabungan dan masyarakat melakukan upaya pemadaman kobaran api dengan peralatan seadanya agar tidak terus meluas.

Baca juga: Hutan gunung Cikuray di Garut terbakar

Sumber air di kawasan tersebut, kata dia, cukup jauh ke titik api sehingga petugas kesulitan untuk memadamkan kobaran api yang sudah membakar cukup luas kawasan kaki Gunung Cikuray.

"Kendala tidak ada sumber air, ada pun lokasi air jauh dari titik api," katanya.

Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah V Garut, Purwantono menyatakan, lokasi kebakaran di Gunung Cikuray cukup jauh dengan areal hutan konservasi.

Ia menyampaikan, kebakaran yang melanda Gunung Cikuray sejak Minggu (13/10) itu berada di kawasan hutan lindung yang pengelolaannya oleh Perhutani.

"Sepertinya jauh, karena tidak berbatasan langsung. Kalau Cikuray berstatus hutan lindung dengan demikian pengelolaannya di bawah Perum Perhutani," katanya.

Sebelumnya, kebakaran hutan di Gunung Cikuray baru diketahui Minggu siang, selanjutnya petugas gabungan bersama masyarakat melakukan pemadaman api.

Kepulan asap akibat kebakaran di hutan tersebut terlihat cukup jelas dari pemukiman warga sekitar perkotaan Garut dan Kecamatan Bayongbong.

Pewarta : Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar