Beri kenyamanan penumpang, KAI tingkatkan fasilitas Prameks

id KAI, Prameks

KA Prameks yang melayani relasi Solo-Yogyakarta dan Solo-Kutoarjo. ANTARA/Aris Wasita.

Solo (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meningkatkan fasilitas KA Prambanan Ekspres (Prameks), salah satunya dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang.

"Kami programkan sampai akhir tahun ini semua KA lokal termasuk KA Prameks harus ber-AC," kata Executive Vice President (EVP) PT KAI (Persero) Daop 6 Eko Purwanto di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Selain itu, nantinya seluruh KA Prameks akan diseragamkan menjadi warna putih.

Ia mengatakan peningkatan fasilitas tersebut sejalan dengan makin banyaknya masyarakat yang menggunakan jasa KA tersebut.

"Jumlah pengguna jasa KA Prameks dari tahun ke tahun naik sangat signifikan. Dari data yang ada, dalam satu hari trayek perjalanan KA Prameks sebanyak 21 trip melayani relasi Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Kutoarjo PP," katanya.

Baca juga: Pemesanan tiket KA Prameks dan Solo Ekspres hanya lewat aplikasi

Berdasarkan data, dikatakannya, jumlah penumpang KA Prameks di sepanjang tahun 2016 sebanyak 2.973.891 penumpang. Angka tersebut meningkat di tahun 2017 menjadi 3.650.144 orang, dan tahun 2018 kembali meningkat menjadi 3.940.671orang.

"Untuk tahun ini, pada periode Januari sampai dengan Agustus 2019, jumlah penumpang sudah mencapai 2.537.023 penumpang," katanya.

Pihaknya memperkirakan jumlah peminat KA ini akan terus meningkat. Bahkan, dikatakannya, sampai saat ini masih banyak calon penumpang yang tidak mendapatkan tiket sehingga harus menggunakan KA terusan.

"Apalagi sejauh ini KA Prameks sudah melebihi kuota, yaitu 100 persen duduk dan 50 persen berdiri," katanya.

Sementara itu, selain menambah fasilitas, pihaknya juga meningkatkan keandalan dengan mendukung operasional bandara baik rute Yogyakarta International Airport maupun operasional Bandara International Adi Soemarmo.

"Kami sudah mempersiapkan empat train set KA untuk melayani ke dua bandara tersebut, yaitu masing-masing 2 train set untuk melayani relasi Solo-Bandara Adi Soemarmo dan 2 train set untuk memberikan pelayanan Yogyakarta-Wojo, yaitu Bandara Yogyakarta International Airport," katanya.

Baca juga: KAI gratiskan KA lokal pada Hari Kemerdekaan

Pewarta : Aris Wasita
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar