Menkes berpesan kepada masyarakat untuk terus berperilaku hidup sehat

id Nila Moeloek,Menteri Kesehatan

Menteri Kesehatan Nila Moeloek memberikan keterangan pada wartawan di Jakarta, Jumat (18/10/19). (ANTARA/Aditya Ramadhan)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Nila Moeloek berpesan kepada masyarakat agar terus menerapkan perilaku hidup sehat untuk mencegah penyakit tidak menular yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

"Tentu Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Mari kita makan makanan yang sehat, makan sayur dan buah, aktivitas fisik, cek kesehatan secara berkala. Karena jelas penyakit tidak menular ini meningkat," kata dia usai konferensi pers di Jakarta, Jumat, pada akhir masa jabatannya sebagai menteri.

Nila meminta masyarakat untuk semakin sadar akan kesehatan dengan melakukan pencegahan melalui Germas.

Baca juga: Menkes umumkan angka stunting turun jadi 27,67 persen

Ia menjelaskan Kementerian Kesehatan dalam lima tahun terakhir mengedepankan upaya promotif dan preventif dalam membangun kesehatan.

"Preventif pencegahan secara dini kemudian promotif yaitu bagaimana kita mengubah kesadaran kesehatan pada masyarakat bahwa kesehatan itu penting," kata dia.

Dia berpendapat masyarakat harus diedukasi secara personal agar lebih memahami pengetahuannya tentang kesehatan dan mau menerapkan pola hidup sehat.

leh karena itu Nila berharap Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga agar terus dilakukan pada masa mendatang.

Nila mengakui untuk mengatasi masalah kesehatan membutuhkan kerja lintas sektoral di luar Kementerian Kesehatan.

Dia menyebut perlunya dukungan kementerian dan lembaga serta kepala daerah untuk membantu menangani masalah kesehatan di Indonesia.

"Kesehatan itu di hulu, tanpa kesehatan kita tidak bisa bersekolah, berpendidikan, kita tidak akan menjadi manusia yang produktif," kata dia.

Baca juga: Menkes minta dukungan untuk capai kemandirian alat kesehatan
Baca juga: BPJS Kesehatan digunakan 277,9 juta kali hingga Agustus


Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar