Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar karnaval yang diikuti ratusan peserta dari berbagai pondok pesantren dan madrasah ibtidiyah dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2019 tingkat kabupaten.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Kepala Kantor Kementrian Agama Gowa, Hj Adliah melepas ratusan peserta di Halaman Masjid Agung Syekh Yusuf, Jalan Masjid Raya Sungguminasa, Sabtu.

Adnan mengatakan bahwa kegiatan hari ini untuk mempererat tali silaturahmi dan hubungan emosional di antara kita semua pondok-pondok pesantren yang ada di Gowa.

"Pondok -pondok pesantren bukanlah sebuah sekat-sekat untuk memisahkan kita semuanya. Pondok pesantren adalah untuk mendidik kita agar kita bisa bangkit dan pertahankan dalam menyebarluaskan agama yang kita cintai ini sesuai dengan tuntunan dari Allah SWT," katanya.

Selain itu, kegiatan karnaval juga untuk membangkitkan kembali semangat persatuan dan kesatuan dalam membangun bangsa, yang terlibat langsung dalam pembangunan.

"Kalian ini adalah para generasi penerus bangsa yang akan terlibat langsung dalam pembangunan khususnya pembangunan di Kabupaten Gowa yang kita cintai, yang sumber daya manusianya makin baik dan tentunya berlandaskan iman dan taqwa," ungkap Adnan kepada para santri.

Pemerintah Gowa akan tetap berkomitmen dan terus memprogramkan peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan program-program yang telah dicanangkan.

"Insyaallah tahun depan Pemkab Gowa kembali akan mencanangkan program satu penghafal Al Quran atau hafidz pada setiap desa maupun kelurahan," beber Adnan

Sementara Kepala Seksi Pondok Pesantren Kementrian Agama Kabupaten Gowa, H Jamaris mengatakan bahwa karnaval ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober.

"Karnaval ini diikuti oleh seluruh santri dan santriwati dari berbagai pondok pesantren, Madrasah Diniyah dan Madrasah Ibtidaiyah dan santri santriwati Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) di Kabupaten Gowa," jelasnya.

Adapun rute yang dilalui peserta karnaval start dari Halaman Masjid Agung Syekh Yusuf menuju jalan Basoi dengan Bunga lalu belok kiri ke Jalan Andi Tonro, kemudian belok kiri ke Jalan H Agus Salim dan berakhir kembali lagi di Masjid Agung Syekh Yusuf.

Kegiatan ini dihadiri Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muh Syuaib Wakapolres Gowa, Muh Fajri dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H Syamsuddin Bidol.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019