Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) menyatakan realistis dalam memasang target perolehan medali yakni dua perak dan dua perunggu pada ajang multieven SEA Games 2019 Filipina November mendatang.

"Di SEA Games Filipina 2019, cabang olahraga golf akan memperebutkan empat medali emas. Tapi, PB PGI hanya memasang target dua perak dan dua perunggu di Filipina nanti," ujar Sekjen PB PGI Antony Chandra saat menyambut kunjungan Chef de Mission (CdM), Harry Warga Negara ke pelatnas golf di Emerald Golf Courses, National Golf Training Center, Depok, demikian keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu.

Antony mengatakan, target tersebut sudah melalui berbagai pertimbangan, salah satunya adanya persaingan yang cukup ketat di antara para pegolf Asia Tenggara, terutama tuan rumah Filipina dan Thailand yang dinilainya memiliki pegolf amatir handal yang berprestasi di Asia dan bahkan dunia.

Tidak hanya itu, PB PGI juga berkaca pada SEA Games 2017 Malaysia ketika kontingen Indonesia hanya mampu menyumbangkan dua perak dan satu perunggu. Dengan demikian, hanya satu perunggu yang ditambah perolehannya saat di Filipina nanti.

Sementara Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi sekaligus Manajer Tim Golf Indonesia Adi Hidrijantoro mengungkapkan timnya juga berencana melakukan laga uji coba ke lapangan golf Luisita Golf and Country Club Clark, Filipina, 10-15 November mendatang.

Rencananya, atlet pelatnas golf Indonesia akan bermain lima round di lapangan yang menjadi tempat pertandingan golf SEA Games 2019 itu,.

"Dalam uji coba tersebut, akan dilakukan course mapping dan seluruh atlet pelatnas golf termasuk Patricia yang ada di Texas, Amerika Serikat diberi kesempatan untuk menaklukkan lapangan dengan bermain lima round," tutur Adi.

Baca juga: Indonesia rebut trofi dari Malaysia di turnamen beregu IGT-PGM 2019

Dari laga uji coba tersebut, Adi mengatakan, akan membantu pada penyusunan strategi bertanding bagi seluruh pegolf Indonesia untuk bisa meraih hasil maksimal.

Secara terpisah, pelatih Tim Golf Indonesia, Gian Perkasa menambahkan, saat ini pelatnas golf Indonesia dihuni 10 atlet golf. Namun, PB PGI sudah menetapkan hanya tujuh pegolf terdiri dari empat putra dan tiga putri yang akan diturunkan pada SEA Games 2019.

Sebelum tampil di SEA Games, tim pelatnas golf Indonesia akan bertanding pada Kejuaraan Golf Piala Menpora yang akan digelar di Emerald Golf Courses, National Golf Training Center, Depok, 24-26 Oktober 2019.

Baca juga: PB Percasi soroti masalah mental pecatur jelang SEA Games 2019

Baca juga: Diananda targetkan rebut tiga emas SEA Games

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019