Mereka ingin berkenalan sekaligus mereka menyampaikan salam dari pemerintahnya. Dan yang penting meningkatkan kerja sama persahabatan di bidang pendidikan, sumber daya manusia dan investasi
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan tiga wakil presiden dari China, Vietnam dan Myanmar di Istana Wakil Presiden Jakarta, Minggu malam, guna membahas upaya peningkatkan kerja sama dengan Indonesia.

"Mereka ingin berkenalan sekaligus mereka menyampaikan salam dari pemerintahnya. Dan yang penting meningkatkan kerja sama persahabatan di bidang pendidikan, sumber daya manusia dan investasi," kata Ma’ruf Amin usai menerima kunjungan kehormatan di Istana Wapres Jakarta.

Wapres Ma’ruf mengatakan pertemuan antarwapres tersebut menjadi penting karena bermanfaat untuk mempererat hubungan bilateral Indonesia dengan China, Vietnam dan Myanmar.

Baca juga: Khofifah harap Ma'ruf Amin perkuat sektor ekonomi syariah

Dengan Wapres China Wang Qishan, Ma’ruf mengatakan pertemuan tersebut membahas mengenai upaya penguatan kerja sama di bidang pendidikan formal dan vokasi.

"Memang Pak Jokowi menyampaikan dalam pidato pelantikan tadi akan memperbesar investasi, memprioritaskan sumber daya manusia dan meneruskan pembangunan infrastruktur," ujarnya menjelaskan.

Tamu negara pertama yang diterima Ma’ruf Amin adalah Wapres China Wang Qishan pada pukul 19.30 WIB. Selanjutnya, Ma’ruf Amin menerima kunjungan kehormatan Wapres Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh dan terakhir Wapres Myanmar Henry Van Thio.

Baca juga: Ma'ruf Amin tinggalkan kediaman menuju Istana Wapres

Pada hari kerja pertama sebagai wapres, Ma’ruf Amin akan melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, Senin (21/10), untuk mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri acara Penobatan Kaisar Jepang Naruhito. Ma’ruf Amin dijadwalkan kembali lagi ke Jakarta pada Selasa (22/10).

Baca juga: Usai dilantik, Ma'ruf Amin dijadwalkan terima sejumlah tamu negara

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019