Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris meyakini pembenahan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan mendapat dukungan dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto karena sudah telah mengenal Menkes sejak lama.

"Saya kenal beliau sudah lama sekali sejak saya ketua kepengurusan IDI sudah kenal," kata Fachmi di Yogyakarta, Rabu.

Dia juga mengaku telah mengucapkan selamat kepada Terawan secara pribadi melalui pesan WhatsApp. Rencananya, Kementerian Kesehatan akan melakukan acara pisah sambut dan serah terima jabatan antara Menteri Kesehatan periode 2014-2019 Nila Moeloek kepada Menteri Kesehatan Terawan pada Kamis (24/10) malam.

 Baca juga: Menkes Terawan angkat bicara soal isu pelanggaran kode etik

Fachmi mengatakan akan berbicara lebih banyak dengan Menteri Kesehatan Terawan mengenai keberlangsungan program JKN pada acara tersebut.

Dia berharap agar koordinasi antar kementerian-lembaga yang sudah terjalin dalam pelaksanaan JKN-KIS bisa berjalan baik. "Apa yang selama ini komunikasi antar lembaga antara BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan yang sudah baik selama ini ya kita lanjutkan," kata dia.

 Baca juga: Dokter Terawan: Saya akan berikan konsultasi meski sudah jadi menteri

Mengenai Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang kembali menjabat, Fachmi bersyukur karena tidak perlu membahas permasalahan JKN-KIS dari awal karena Menkeu telah memahami seluk beluk persoalan.

"Kalau Menteri Keuangan berarti kita tidak mulai dari nol lagi, beliau sudah paham dengan persoalan," kata Fachmi.

Dalam kesempatan tersebut Fachmi juga berharap agar penyesuaian iuran JKN yang telah disepakati oleh pemerintah untuk segera ditetapkan dan dilaksanakan.

Baca juga: Pakar: Menkes Terawan perkuat JKN dan pencegahan penyakit

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019