Secara pribadi saya senang bisa bekerja dengan rookie muda dan bertalenta seperti Iker
Jakarta (ANTARA) - KTM telah mengumumkan para pebalap mereka yang akan membela tim pabrikan KTM dan Tech 3 pada MotoGP tahun depan dengan mempromosikan dua pebalap Moto2 ke kelas premier.

Juara dunia Moto3 2016 Brad Binder, yang tadinya direkrut untuk tim KTM Tech 3, akan mengisi kursi kosong di Red Bull KTM Factory dan menjadi rekan satu tim Pol Espargaro.

Sementara pebalap Moto2 lainnya, Iker Lecuona akan menjadi rekan satu tim pebalap rookie Miguel Oliveira di Tech 3, demikian pernyataan KTM di laman resmi mereka, Kamis.

Baca juga: KTM tunjuk Mika Kallio gantikan Johann Zarco di sisa musim

KTM mengharapkan kedua pebalap debutan itu di musim depan juga untuk membantu tahap pengembangan motor RC16 selanjutnya.

Binder asal Afrika Selatan telah enam kali finis podium, termasuk dua kemenangan pada Moto2 tahun ini. KTM mengumumkan untuk memboyong pebalap berusia 24 tahun itu ke MotoGP pada Juli.

Sedangkan Lecuona baru dua kali naik podium Moto2 dalam dua tahun terakhir. Pebalap berusia 19 tahun itu kini dipromosikan naik ke kasta tertinggi oleh KTM yang akan memasuki tahun keempatnya berlaga dalam kelas premier tahun depan

Baca juga: Gardner tolak tawaran KTM ke MotoGP

"Jelas jika rencana kami untuk 2020 harus berganti menyusul pengumuman kami di tengah musim. Setelah berfikir dan sejumlah diskusi kami memutuskan untuk mengambil jalan ini dan membawa para pebalap muda yang haus dan berpengalaman baik dari ketegori MotoGP lainnya untuk menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan," ungkap direktur KTM Pit Beirer.

Tim manajer Red Bull KTM Factory Racing Mike Leitner sangat mengharapkan duo pebalap yang mereka miliki tahun depan setelah tim itu mengakhiri kontrak Johann Zarco di tengah jalan musim ini.

"Saya sangat senang dengan pasangan yang kami miliki untuk 2020. Kami berdiskusi panjang tentang itu dan akhirnya saya rasa itu adalah keputusan baik yang telah diambil KTM," kata Leitner.

Baca juga: Rossi sambut start Grand Prix ke-400 di Phillip Island

"Pol adalah seorang pebalap yang sangat kuat dan telah membawa hasil bagus untuk kami dan kami melihat di kategori lainnya apa yang Brad bisa lakukan dengan motor kami.... Akan menjadi tantangan besar baginya tapi saya rasa dia akan memiliki masa depan yang hebat di MotoGP."

Sementara itu kepala tim Red Bull KTM Tech 3 Herve Poncharal yakin jika jajaran pebalap KTM tahun depan adalah yang terkuat bagi mereka.

"Secara pribadi saya senang bisa bekerja dengan rookie muda dan bertalenta seperti Iker. Ini lah caranya untuk ke masa depan dan kami telah melihat pendekatan serupa yang telah membawa kesuksesan kepada tim-tim lain," kata Poncharal.

Baca juga: Honda tinggal lakukan ini untuk kawinkan tiga gelar musim 2019
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019