Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara menggandeng Komunitas Psikologi Peduli membentuk Forum Anak Jakarta Utara sebagai upaya mendorong peningkatan prestasi Kota Layak Anak.

"Mengajak generasi milenial untuk memahami potret kehidupan serba digital, namun tetap menanamkan karakter nasionalisme dan patriotisme sejak dini," Kata Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko di Jakarta, Kamis.

Kegiatan itu merupakan kolaborasi antara Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Utara dengan Komunitas Psikologi Peduli.

Sigit menjelaskan konteks teknologi sudah mendunia sehingga yang paling penting adalah para anak-anak harus punya karakter budaya bangsa Indonesia yang kuat terutama semangat gotong-royong.

Dia berharap, akan semakin banyak pelopor relawan yang peduli terhadap pembentukan karakter generasi milenial. Diharapkan ke depannya anak dari Jakarta Utara mampu mengemban tugas untuk menjadi generasi penerus bangsa.

"Kegiatan ini tak sekadar meningkatkan prestasi Jakarta Utara sebagai Kota Layak Anak (KLA). Tapi bagaimana membentuk karakter anak sebagai generasi penerus bangsa," kata Sigit.

Baca juga: Jakut dikunjungi tim kota layak anak nasional
Baca juga: Angka kekerasan perempuan-anak di Jakarta turun 50 persen


Ketua Komunitas Psikolog Peduli Indah Prestyonawati mengatakan kegiatan itu salah satunya dengan mengajak anak untuk bisa mengeksplorasi potensi diri melalui metode points of you.

Anak diajak untuk melihat potret lingkungan yang bertujuan untuk mengembangkan diri untuk menyelesaikan persoalan.

"Kami juga menyediakan konsultasi gratis bagi orang tua yang meminta bantuan pemikiran profesional atau psikolog untuk menyelesaikan masalah mereka terhadap anak," kata Indah.

Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019