Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Desa Sibalaya di Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dicanangkan sebagai kampung pengelola keuangan haji, atas kerja sama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Rumah Zakat.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sigi, terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada  BPKH dan Rumah Zakat Nasional yang akan membangun Kampung Pengelola Haji di Kabupaten Sigi," ucap Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, Kamis.

Bupati Mohamad Irwan menghadiri seremonial peletakan batu pertama kampung pengelolah keuangan haji dan rumah sakit serta menyambut baik hal itu yang digagas oleh BPKH dan Rumah Zakat.
Baca juga: DPR usulkan bentuk badan pengelola keuangan haji

Ia berharap, kampung tersebut dapat memberikan dampak bagi peningkatan kualitas penyelenggaraan haji dan dan juga mengelola keuangan haji lebih efisien dan rasional.

Untuk rumah sakit, kata dia, nantinya digunakan sebagai sarana utama dalam meningkatkan pelayanan bagi wajib zakat dan bagi mustahiq atau orang yang berhak menerima zakat.

Karena itu, program kampung BPKH di Desa Sibalaya Utara ini merupakan program bantuan terintegrasi dalam cakupan wilayah yang terdampak bencana gempa, likuefaksi.
Baca juga: BPKH diingatkan agar transparan dan hati-hati kelola dana haji

Program itu direalisasikan dengan pembangunan saran lainnya berupa pembangunan rumah sehat, rumah gempa, masjid, klinik sarana air bersih dan pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat penyintas bencana di Kabupaten Sigi.

"Saya berharap agar bantuan ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan dapat dirawat dengan baik, pemerintah akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk bersama-sama bangkit kembali, karena ketika bencana muncul, semua menjadi kita semua adalah korban," sebut Irwan Lapatta.

Ia menyampaikan, Pemerintah Sigi akan terus mencari solusi agar masyarakat mendapatkan bantuan sesuai dengan kebutuhan saat ini.
Baca juga: Wapres JK optimistis dana haji diinvestasi jadi untung

"Apa yang dilakukan saat ini merupakan salah satu wujud kepedulian untuk membantu masyarakat sigi bangkit dan kembali pulih," katanya.

Hadir dalam seremonial peletakan batu pertama pembangunan kampus pengelola keuangan haji tersebut Habib Muhammad Shaleh Al-Idrus, Pengurus BPKH berserta jajarannya, pengurus Rumah Zakat, Camat Tanambulava, kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Sibayala.
Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta (mengenakan topi hitam) meletakkan batu pertama pembangunan kampung pengelola keuangan haji, di Desa Sibalaya Kecamatan Tamabulava, Sigi, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019