Solo (ANTARA) - Ratusan warga yang tergabung dalam Kancane Gibran Gess (KaGeGe) Solo, Jawa Tengah, melakukan aksi tanda tangan di selembar kain sebagai wujud dukungan terhadap putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka maju pada Pilkada Surakarta 2020, di Jalan Bhayangkara Surakarta, Minggu.

Ratusan warga tersebut memberikan dukungan kepada Gibran sebagai calon wali kota Surakarta dalam Pilkada 2020, dengan membubuhkan tanda tangan di selembar kain warna merah muda dengan panjang sekitar 30 meter dengan maksud agar putra sulung Jokowi itu mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP.

Baca juga: Gibran sampaikan keseriusannya maju Pilkada 2020 kepada Megawati

Menurut Imelda Yuniati selaku juru bicara relawan KaGeGe Solo, aksi mengumpulkan tanda tangan dukungan kepada Gibran tersebut disambut antusias warga Solo, dan lebih dari 200-an tanda tangan tertera di kain itu.

"Relawan KaGeGe hanya memfasilitasi warga Solo yang menyatakan dukungan terhadap putra sulung Presiden Jokowi) itu. Banyak kalangan masyarakat Solo yang menginginkan Gibran maju dalam Pilkada Surakarta 2020," katanya.

Baca juga: DPC PDIP persilakan Gibran jika daftar DPD/DPP

Ia mengatakan, Gibran sebelumnya telah mendaftarkan diri dan menjadi anggota PDIP, tetapi langkah Gibran untuk maju Pilkada Surakarta 2020 melalui DPC PDIP Surakarta sudah tertutup.

Bahkan, DPC PDIP Surakarta sebelumnya telah sepakat mengajukan satu pasangan, yakni Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Surakarta 2020.

Baca juga: Pengamat: Rencana pencalonan Gibran tak salahi aturan

"Gibran anggota atau kader PDIP hanya mau maju sebagai bakal calon melalui partainya, sehingga kami ingin mengumpulkan dokumen-dokumen dukungan masyarakat agar putra Jokowi itu mendapatkan rekomendasi maju dalam Pilkada 2020 dari DPP PDIP," katanya.

Menurut dia, banyak warga yang menanyakan ingin memberikan dukungan kepada Gibran. Bahkan, mereka ingin menitipkan kartu tanda penduduk (KTP) untuk mendukung Gibran.

Baca juga: Ganjar: Semua orang boleh mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surakarta

Warga memberikan dukungan Gibran maju Pilkada Surakarta 2020, karena merupakan sosok muda visioner yang diyakini bakal mampu membawa perubahan Kota Solo ke depan.

"Selain aksi penggalangan tanda tangan, kami juga melakukan aksi potong rambut ala Gibran yang banyak diminati anak muda," katanya.
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019