Jakarta (ANTARA) - Perseroan Terbatas Shell Indonesia dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten menyepakati kerja sama menumbuhkan investasi melalui pengembangan bisnis SPBU.

"Melalui kerja sama ini, kami ingin mengajak pengusaha Banten, baik individual maupun korporasi, menjadi mitra dalam mengembangkan bisnis ritel SPBU melalui skema yang menguntungkan," kata Vice President Retail Network Shell Indonesia Ingrid Siburian dalam acara Shell Partnership di Jakarta, Rabu (6/11).

Inggrid menegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di mana pun bisnis Shell berada.

"Kerja sama dengan Kadin Banten menjadi bagian dalam upaya kami mendorong pertumbuhan investasi di provinsi ini," ujarnya.

Baca juga: Shell Indonesia punya direktur retail baru dari Pakistan

Inggrid mengatakan bahwa Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terus mencatat pertumbuhan ekonomi positif, yaitu tumbuh di atas ekonomi nasional.

"Banten yang lokasinya dekat dengan DKI Jakarta, memiliki potensi besar untuk menopang perekonomian nasional. Langkah untuk mendorong lebih banyak investasi menjadi salah satu strategi provinsi Banten untuk dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi positif serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja," ujar Ingrid.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Provinsi Banten Mulyadi Jayabaya mengatakan bahwa kerja sama ini sangat menarik serta menawarkan prospek yang sangat baik untuk diversifikasi bisnis anggota Kadin. Pada saat yang sama, turut mendukung pertumbuhan ekonomi setempat.

Hingga saat ini, Shell sebagai perusahaan energi internasional pertama yang mengembangkan bisnis BBM ritel di Indonesia telah memiliki 105 SPBU yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Baca juga: Shell buka gerai pengisian daya listrik pertama di Asia Tenggara

Dalam memperluas jaringan SPBU-nya, Shell memiliki skema kemitraan Dealer Owned Dealer Operated (DODO). Dalam hal ini mitra menjadi pemilik aset, membangun dan mengoperasikan SPBU dengan produk berkualitas dan standar pelayanan Shell.

"Shell tidak hanya menjual produk bahan bakar, tetapi juga produk nonbahan bakar, serta berbagai layanan yang dibutuhkan oleh para pelanggan untuk membantu kenyamanan berkendara," katanya.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019