Depok (ANTARA) - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok, Jawa Barat, M Fitriawan mengajak para pelaku usaha kecil dan menengah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dengan menggunakan pemasaran digital untuk memasarkan produk ke berbagai pelosok Tanah Air.

"Pada era digital saat ini, sangatlah penting bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Terlebih, perkembangan digital marketing sangat potensial untuk dioptimalkan di bidang penjualan produk," kata Fitriawan di Depok, Jumat.

Ia mengatakan pengusaha mikro harus memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan berbagai alat-alat komunikasi. Salah satunya ponsel pintar (smartphone) untuk mengembangkan dan mempromosikan berbagai produk yang dibuatnya.

Baca juga: Kemendes PDTT gandeng "marketplace" pasarkan produk UMKM

Fitriawan meyakini peluang memasarkan produk melalui dalam jaringan (online) sangat terbuka lebar, karena masyarakat sekarang semakin banyak yang memanfaatkan online untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Karena itu, lanjut dia materi-materi yang disampaikan tidak jauh dari persoalan marketing online. Selain pengenalan media sosial (medsos), mereka juga belajar mempraktikkan berbisnis di marketplace.

"Mudah-mudahan acara ini bermanfaat dan mereka bisa segera mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkannya dalam usaha masing-masing," katanya.

Baca juga: Warga lapas dilatih pemasaran digital oleh mahasiswa UI

Baca juga: Pemasaran jadi tantangan pebisnis digital

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019