Bidang-bidang lomba di Olivia adalah implementasi dari kegiatan kuliah dan praktikum mahasiswa
Bogor (ANTARA) - Tim mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University meraih prestasi puncak dengan menjadi juara umum Olimpiade Vokasi Indonesia (Olivia) ke-4 yang diselenggarakan di Universitas Diponegoro, Semarang, pada Kamis dan Jumat (7-8/11).

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Ir Arief Daryanto DipAgEc MEc, melalui pernyataan tertulisnya, di Bogor, Minggu, menyatakan, prestasi yang diraih tim mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University ini adalah hasil kerja keras, kerja cerdas, dan upaya yang tidak mudah menyerah dari mahasiswa dan para dosen pembimbing dalam berkreasi dan berinovasi.

"Saya sangat bangga dengan prestasi yang diraih para mahasiswa ini. Kemenangan ini juga menjadi momentum berharga bagi mahasiswa maupun almamater untuk selalu introspeksi diri agar ke depan para mahasiswa dapat berkinerja lebih baik lagi," katanya.

Menurut Arief Daryanto, untuk menghadapi olimpiade ini, mahasiswa telah melakukan latihan dan bekerja keras di bawah bimbingan dosen pembimbingnya.

"Bidang-bidang lomba di Olivia adalah implementasi dari kegiatan kuliah dan praktikum mahasiswa," katanya.

Baca juga: IPB rombak kurikulum selaras dengan Industri 4.0


Pada ajang itu, juga telah ditampilkan produk karya mahasiswa di Expo Produk Vokasi Indonesia, seperti cookies free gluten, brownies kering dari ikan lele, kompos dan media tanam dari limbah sawit, alat hydroseeding, bioreactor instalasi pengolahan air limbah mini, mesin pemotong rumput otomatis, robot pengintai, dan robot hexapod.

Kegiatan Olivia diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan kegiatan Kongres Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) dan Expo Produk Vokasi Indonesia.

Kegiatan Olivia yang merupakan ajang kompetisi ilmiah antar-mahasiswa vokasi se-Indonesia ini diharapkan dapat menjadi sarana kompetisi yang mampu mengakomodasi kompetensi mahasiswa vokasi yang tergabung dalam FPTVI maupun Perguruan Tinggi di luar FPTVI.

Cabang yang dipertandingkan pada pada Olivia ke-4 meliputi: lomba karya tulis ilmiah, lomba business plan, lomba video blog, Lomba piranti cerdas, lomba debat bahasa Inggris, Lomba live cooking, lomba inovasi konstruksi, serta lomba inovasi energi baru dan terbarukan.* 

 
Baca juga: Sekolah vokasi IPB pecahkan rekor MURI
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019