Pangkalpinang (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo meminta seluruh anggota Korpri dan aparatur sipil negara se-Indonesia untuk meningkatkan pelayanan, mempercepat proses perizinan untuk mempercepat reformasi biokrasi

"Saya menekankan seluruh aparatur sipil negara untuk menyukseskan visi misi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo lima tahun kedepan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Tjahjo Kumolo saat membuka Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia ke-XV di Kota Pangkalpinang, Senin sore.

Baca juga: Menpan Tjahjo Kumolo buka Pornas Korpri XV di Babel

Baca juga: Tenaga adminstrasi tidak dibuka untuk formasi CPNS, sebut Menpan RB

Baca juga: Tjahjo buat peta jalan sederhanakan eselonisasi


Ia mengatakan dalam visi misi Presiden, Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin lima tahun ke depan adalah bagaimana mengefektifkan Korpri dan ASN untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan lebih mempercepat proses perizinan, memangkas birokrasi yang panjang agar lebih efektif dan efisien.

"Korpri dan ASN harus bahu membahu dalam menata dan mengelola pemerintahan dalam mempercepat reformasi serta birokrasi dalam upaya penguatan sinergitas antarkementerian, lembaga dan otonomi daerah," katanya.

Menurut dia anggota Korpri dan ASN harus sadar dan harus mampu menjadi poros pemerintah. Pemerintah dalam arti sebagai penggerak percepatan pembangunan nasional, daerah dan inovasi-inovasi dalam melayani masyarakat.

"Memangkas perizinan daerah yang panjang ini untuk meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi daerah," ujarnya.

Ia menyakini ASN mampu menjadi penggerak, mengorganisir masyarakat dan tata kelola pemerintah yang baik untuk mewujudkan Indonesia yang lebih efektif, efisien, maju di masa-masa akan datang.

"Atas nama pemerintah pusat, kami mengapresiasi penyelenggaraan Pornas Korpri ke-15 di Kota Pangkalpinang dan semoga kegiatan ini dapat memberikan dan saling tukar menukar informasi antardaerah, kementerian, lembaga dan seluruh anggota Korpri se-Indonesia," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019