Jayapura (ANTARA) - Pangkalan TNI-AU Silas Papare Sentani saat ini membantu menyalurkan bantuan untuk korban kerusuhan di Wamena.

"Kami sudah menerima 10 ton bantuan dengan berbagai jenis yang diberikan para donatur dari beberapa kota di Indonesia," kata Dan Lanud Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo kepada Antara di Jayapura, Senin.

Dikatakan, bantuan tersebut saat ini sudah berada di gudang lanud dan akan disalurkan secara bertahap ke Wamena.
Baca juga: Lanud Silas Papare salurkan bantuan Presiden Jokowi ke Wamena

Baca juga: Kemenko PMK: Distribusi bantuan Nduga jangan di Wamena
Saat ini ada dua hercules milik TNI-AU yang melayani operasional termasuk mengangkut bantuan dari berbagai pihak ke Wamena yang nantinya disalurkan ke warga yang membutuhkannya.

“Lanud Silas Papare hanya membantu mengangkut ke Wamena dengan menggunakan hercules yang saat ini sedang berada di Sentani,” kata Tri Bowo.

Ketika ditanya tentang pemulangan pengungsi kembali ke Wamena, Dan Lanud Silas Papare mengaku sudah tidak lagi menjadi prioritas.

Namun bila ada pengungsi yang ingin kembali ke Wamena, pihaknya siap membantu dengan cara melaporkan ke pos atau koordinator pengungsi yang ada di Sentani. Tercatat sekitar 1.200 an pengungsi sudah kembali ke Wamena, tambah Marsekal Pertama TNI Tri Bowo.
Baca juga: Gubernur: Bantuan perantau Minang di Wamena mendekati Rp6 miliar
Baca juga: Gandeng ACT, IHGMA bantu 10.000 kotak susu ke Maluku dan Wamena

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019