Jakarta (ANTARA) - Berita peristiwa selalu menarik perhatian pembaca. Dan berita humaniora yang berkaitan dengan peristiwa alam seperti gempa bumi hingga kejadian astronomi gerhana matahari cincin menjadi yang terbanyak diminati pada Selasa (12/11).

Berikut berita-berita humaniora kemarin yang masih menarik disimak hari ini:

Gempa berkekuatan 5,1 SR guncang Nias

Gempa bermagnitudo 5,1 mengguncang Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Selasa, pukul 18.42 WIB, sehingga sempat membuat warga panik dan berhamburan keluar luar karena takut.

Bagaimana kejadian lengkapnya dapat dibaca di sini.



Gempa Jailolo-Malut terasa hingga Kota Manado

Gempa dengan magnitudo 5,9 menggetarkan kira-kira 66 kilometer barat laut Jailolo-Provinsi Maluku Utara, pukul 6:41:00 WIB pada kedalaman 83 kilometer. Gempa tektonik tersebut dirasakan di Kotamobagu,Ternate, Tobelo II-III MMI, Bolaang Mongondow Timur, Kota Manado, Tondano (Kabupaten Minahasa) dan Minahasa Utara II MMI.

Bagaimana kata dampaknya? Dapat dibaca di sini. Lalu bagaimana peristiwa itu terjadi dapat di baca di sini.

 

Transit Merkurius usai, siap-siap mengamati gerhana matahari cincin

Setelah mengikuti peristiwa astronomi langka Transit Merkurius pada Senin malam (11/11), LAPAN menyiapkan kegiatan pengamatan gerhana matahari cincin bersama pada 26 Desember 2019. Kegiatan tersebut akan dilakukan bersama masyarakat dengan tujuan edukasi publik.

Mau tahu di mana saja gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 dapat dilihat? Selengkapnya baca di sini.

 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019