kami baru bisa menjangkau 10.000 orang lansia
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 48.826 orang warga lanjut usia (lansia) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur mengalami gangguan mata sehingga menjadi prioritas mendapat bantuan kacamata gratis dari pemerintah setempat pada 2020.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr. Retnowati ketika dihubungi di Kupang, Minggu, terkait adanya program pembagian kacamata gratis bagi warga Kota Kupang.

Ia mengatakan gangguan mata pada umumnya dialami para lansia yang berusia di atas 50 tahun dengan jumlah 48.826 orang.

"Kami baru bisa menjangkau 10.000 orang lansia yang menerima bantuan kacamata gratis pada 2019. Masih banyak warga daerah ini yang membutuhkan bantuan kacamata untuk membaca," tegasnya.

Baca juga: 1.000 guru dan murid dapat kaca mata gratis
Baca juga: DKI dapat bantuan ribuan kacamata bagi pelajar


Retnowati mengatakan, gangguan mata juga tidak hanya terjadi pada lansia yang berumur 50 tahun ke atas tetapi juga dialami warga yang berusia 35 tahun ke atas yang juga membutuhkan bantuan kacamata gratis.

"Warga yang berusia 35 tahun ke atas yang juga mengalami gangguan mata dan membutuhkan kacamata gratis sebanyak 123.739 orang. Ke depan warga ini juga menjadi sasaran dalam program bantuan kacamata gratis dari Pemerintah Kota Kupang," katanya.

Menurut dia, pemberian bantuan kacamata gratis seperti dilakukan pada 2019 akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang sehingga semua warga yang mengalami gangguan mata akan mendapatkan bantuan kacamata gratis dari pemerintah Kota Kupang. 

Baca juga: 1.000 kacamata gratis dibagikan kepada siswa SD
Baca juga: Penderita katarak Indonesia 4 juta orang
Baca juga: RS PMI Bogor menggelar operasi katarak gratis untuk puluhan warga

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019