Saat ini kami sedang fokus membangun Kota Pariaman menjadi water front city yang salah satu lokasinya di Desa Pauh
Pariaman, (ANTARA) - Pemkot Pariaman, Sumatera Barat memperoleh dana dari pemerintah pusat sebesar Rp8,3 miliar untuk membangun kota tepi air di Desa Pauh, Kecamatan Pariaman Tengah, guna menambah daya tarik wisata di daerah itu.

"Saat ini kami sedang fokus membangun Kota Pariaman menjadi water front city yang salah satu lokasinya di Desa Pauh," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan pembangunan kota tepi air tersebut telah berjalan sejak beberapa bulan lalu dan ditargetkan selesai pertengahan Desember 2019.

Konsep kota tepi air yang dikembangkan di Pariaman yaitu pembangunan trek joging dan sepeda agar warga dan wisatawan dapat menikmati keindahan kota serta pemandangan alam daerah tersebut sambil berolahraga.

"Jadi di pinggiran seluruh sungai yang ada di Pariaman nanti akan kami bangun trek joging dan sepedanya," katanya.

Baca juga: Persiapan Pariaman untuk lokasi Hari Nusantara sudah 50 persen

Selain pembangunan kota tepi air di Desa Pauh, lanjutnya, pihaknya saat ini juga membangun konsep tersebut di sejumlah lokasi lainnya yang pembangunannya melalui APBD serta dibantu oleh PT PLN.

"Harapannya water front city di Kota Pariaman diresmikan Presiden saat peringatan Hari Nusantara Nasional yang diselenggarakan di Pariaman pada 13 Desember 2019," ujarnya.

Selain itu, ia berharap Pariaman juga menjadi percontohan nasional untuk pembangunan kota tepi air seiring dengan gencarnya pembangunan yang dilakukan pihaknya.

Sebelumnya Pemkot Pariaman meminta bantuan pemerintah pusat untuk membangun kota tepi air guna menambah daya tarik pariwisata di daerah itu.

Baca juga: Wali Kota Pariaman: Santri bantu wujudkan kota wisata berbasis Islami

"Beberapa waktu lalu saya meminta langsung kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk dapat membantu mewujudkan water front city," kata Genius Umar di Pariaman, Rabu (3/4/2019).

Menteri Basuki Hadimuljono berjanji tahun 2019 ini akan membantu pembangunan kota tepi air di Kota Pariaman.

Ia menyebutkan lokasi sungai yang akan dijadikan lokasi Kota Tepi Air Pariaman di daerah itu yaitu mulai dari Muaro Pariaman lalu diteruskan ke arah Kampung Baru dan kawasan Pauh.

Baca juga: Pariaman harapkan Kemenhub bangun pelabuhan ke Mentawai

 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019