Saya sebagai orang tua mengatakan hati-hati, setahu saya dia (Haris) ke Jakarta untuk bersilaturahmi ke mas Rommy, tambah Roziqi
Jakarta (ANTARA) - Mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur M Roziqi mengaku sempat memperingatkan menantunya Haris Hasanuddin terkait uang untuk mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy.

"Saya mengatakan hati-hati, apalagi berkaitan dengan duit hati-hati," kata Roziqi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu.

Roziqi menyampaikan hal tersebut saat menjadi saksi dalam sidang mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy yang didakwa menerima suap bersama-sama dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebesar Rp325 juta dari Kepala Kantor Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin dan Rp91,4 juta dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi terkait pengangkatan keduanya dalam jabatan masing-masing.

Baca juga: Rommy disebut beri perintah melalui Sekjen Kemenag dan Lukman Hakim

Roziqi adalah mertua dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Haris Hasanudin yang sudah divonis 2 tahun penjara karena terbukti menyuap Rommy dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin senilai Rp325 juta.

Pesan tersebut disampaikan Roziqi saat mengetahui Haris menemui Rommy di rumah Rommy di Kramatjati, Jakarta Timur pada 6 Januari. Saat itu Haris menyerahkan uang Rp5 juta kepada Rommy.

"Saya sebagai orang tua mengatakan hati-hati, setahu saya dia (Haris) ke Jakarta untuk bersilaturahmi ke mas Rommy," tambah Roziqi.

Roziqi pun mengaku tidak tahu persis apakah Haris membawa uang atau tidak saat datang ke rumah Rommy.

"Haris tidak menyampaikan bawa uang, tapi kan biasanya orang yang mau 'ngelamar' sering ada urusan-urusan seperti itu," ungkap Roziqi.

Baca juga: Rommy bantah mampu perintahkan Menag Lukman angkat pejabat Kemenag

Saat itu Haris memang sedang dalam proses melamar untuk menjadi Kakanwil Kemenag Jatim dari sebelumnya masih menjadi pelaksana tugas (plt) Kakanwil Kemenag Jatim.

Namun Roziqi mengakui bahwa Haris pernah menyinggung ada komitmen untuk Rommy.

"Dia (Haris) menyampaikan dalam pembicaraan itu ada persekot, komitmen," ungkap Roziqi.

Dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Roziqi yang dibacakan jaksa KPK, Haris mengaku kepada Roziqi "Alhamdulilah sudah ketemu Mas Rommy di Condet dengan memberikan uang muka komitmen".

Baca juga: Kepala Kantor Kemenag Gresik jual mobil Innova beri uang ke Rommy

"Saya sebagai orang tua ya ya saja, tapi apa yang diberikan ya yang bersangkutan (Haris) yang paling tahu," ungkap Roziqi.

Roziqi yang juga menjadi ketua tim kampanye Khofifah Indar Parawangsa saat Pilkada Gubernur Jatim 2018 tersebut mengakui bahwa Khofifah pernah menanyakan soal Haris.

"Bu Khofifah hanya pernah nanya 'Apa Haris itu anak mantu sampeyan?', lalu saya jawab 'iya', tapi tidak ada titip menitip karena sudah beda zamannya, dulu biasanya direkomendasikan gubernur," tambah Roziqi.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019