Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia Airlangga Hartarto menjanjikan bonus bagi atlet wushu peraih medali emas SEA Games 2019 di Filipina.

"Selain bonus dari pemerintah, PB WI juga akan memberikan bonus kepada atlet peraih medali di SEA Games Filipina 2019," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Rabu.

Tim Wushu Indonesia yang berkekuatan 16 atlet yang terdiri delapan putra dan delapan putri menghadiri acara pelepasan yang dilakukan oleh Menpora Zainudin Amali di kediamannya di Widya Chandra, sebelum bertolak ke Filipina malam ini.

Mereka akan bertanding di WTC Manila, Filipina pada 1-3 Desember 2019.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menyiapkan anggaran lebih dari Rp65 miliar untuk bonus atlet yang meraih medali pada SEA Games 2019 Filipina, sementara tidak disebutkan secara spesifik berapa nilai bonus yang disiapkan oleh PB WI.

Di SEA Games 2017 di Malaysia tim wushu menyabet tiga medali emas, tiga perak dan enam perunggu, maka di pesta olahraga se-Asia Tenggara tahun ini, tim wushu Indonesia yang dimanajeri Iwan Kwok itu memasang target dua medali emas saja.

"Kita hanya menargetkan dua medali emas tetapi pemerintah menginginkan tiga emas, mudah-mudahan bisa terealisasi," kata Airlangga.

Sebelumnya, di hari yang sama Presiden Joko Widodo melepas Kontingen Indonesia untuk perhelatan SEA Games XXX Tahun 2019 yang akan diselenggarakan di Filipina dengan menargetkan masuk peringkat dua besar.

Baca juga: Atlet wushu mulai berlatih di GBK

Baca juga: Tim wushu nomor sanda fokus matangkan teknik

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019