Pangkalpinang (ANTARA) - Korem 045 Garuda Jaya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan keterampilan para personel dalam penanggulangan bencana alam.

"Provinsi Babel merupakan wilayah kepulauan dan cukup rawan terhadap ancaman bencana banjir serta bencana alam lainnya, sehingga perlu dilaksanakan latihan penanggulangan bencana secara rutin," kata Komandan Korem 045/Gaya, Kolonel Inf Dadang Arif Abdurrahman di Pangkalpinang Rabu.

Menurut dia, kondisi Babel yang rawan terhadap bencana alam memerlukan penanganan berbagai pihak secara cepat, tepat dan terkoordinasi antar unsur baik personel TNI, Polri, aparat pemerintah, relawan dan komponen masyarakat lain.

Baca juga: Korem 045/Garuda Jaya: Pancasila sebagai kekuatan galang persatuan

Tujuan dari latihan penanggulangan bencana alam ini, yaitu untuk melatih unsur-unsur terkait agar selalu dapat bersinergi dan bekerjasama dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.

"Selain itu, latihan ini juga untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Satuan Korem 045/Gaya dalam merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan penanggulangan bencana alam," katanya.

Sementara Kasi Ops Korem 045/Gaya, Mayor Inf Rimba Anwar mengatakan latihan dilaksanakan selama lima hari dan dibagi menjadi dua tahap.

"Tahap pertama dilaksanakan materi pembekalan teori dan tahap kedua berupa latihan teknis dan taktis," ujarnya.

Ia berharap latihan tersebut dapat meningkatkan koordinasi, komunikasi dan sinergi seluruh unsur yang terkait dalam penanggulangan bencana alam.

Latihan penanggulangan bencana alam digelar di Aula Makodim 0413 Bangka diikuti sebanyak 150 peserta dari jajaran Korem 045/Gaya dan unsur terkait.

Baca juga: Korem 045/Gaya imbau prajurit bijak gunakan medsos

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019