Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Hamidin mengharapkan agar diusianya yang ke-69 Polairud Polda NTT semakin profesional dalam menjalankan tugasnya.

'Saya harapkan Polairud khususnya di wilayah Polda NTT bisa semakin profesional dalam bertugas mengamankan wilayah laut NTT sehingga tidak terjadi berbagai kasus pelanggaran hukum di wilayah kita," katanya kepada wartawan di Kupang, Rabu (4/12).

Hal ini disampaikan usai menghadiri acara syukuran memperingati hut ke-69 Polairud yang dihadiri juga oleh sejumlah Forkompimda wilayah NTT.

Komandan berbintang dua itu menilai bahwa saat ini Polairud diusianya yang terus berkembang selalu mendapatkan sarana dan prasarana yang memadai.

Oleh karena itu dengan prasarana yang memadai, tentunya sumber dayanya juga harus ditingkatkan untuk mengimbangi sarana prasarana yang ada.

"Namun walaupun fasilitas seperti kapal patroli belum memadai, tetapi harus selalu berkoordinasi dengan masyarakat dan instansi terkait agar penanganan berbagai kasus kejahatan di laut bisa diatasi bersama," tambah dia.

Mantan Kapolda Sulsel itu juga menambahkan dengan akan dibangunnya polres baru di lima daerah di wilayah Polda NTT tentunya akan ada personel polair yang akan disiapkan

"Sekarang kan kita sedang siapkan polres-polres baru juga, nah saat ada polres baru tentunya akan ada penambahan personel dan fasilitas untuk polair tentunya pengamanan wilayah laut akan lebih kecil," tambah dia.

Ia pun mengimbau kepada seluruh personel Polair Polda NTT untuk menjaga wilayah perairan NTT, agar tidak dikeruk habis sumber daya lautnya oleh para pencuri ikan atau pelaku ilegal fishing.

Baca juga: Kapolri ingatkan jajaran Polairud jaga kesehatan

Baca juga: Polairud Baharkam Polri tangani 442 kasus kejahatan laut selama 2019

Baca juga: Polairud Kepri ungkap penyelundupan benih lobster senilai Rp66 miliar

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019