Jumlah rangkaian yang melayani lintas Bekasi juga bertambah menjadi 15 rangkaian dari sebelumnya 14 rangkaian.
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) membuat rekayasa operasi untuk kereta rel listrik (KRL) relasi Bekasi, Jawa Barat, menyusul pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 sejak 1 Desember.

“Pemberlakuan Gapeka ini dapat mengakomodasi penambahan perjalanan seiring dengan pembangunan prasarana perkeretaapian di berbagai wilayah. Jadwal perjalanan sesuai Gapeka 2019 juga menyesuaikan dengan ketersediaan sarana yang dimiliki PT Kereta Commuter Indonesia (KCI),” kata Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Di Lintas Bekasi sendiri, jumlah perjalanan KRL mencapai 175 perjalanan per hari dari sebelumnya 165 perjalanan.

Baca juga: KCI tambah layanan bagi penyandang difabel

Jumlah rangkaian yang melayani lintas Bekasi juga bertambah menjadi 15 rangkaian dari sebelumnya 14 rangkaian.

Penambahan terutama ada untuk keberangkatan KRL Cikarang dari yang sebelumnya 17 jadwal menjadi 23 pemberangkatan.

“Penambahan ini diakomodir dengan memanfaatkan jalur Cikarang / Bekasi – Jakartakota sebagian melalui rute Stasiun Pasar Senen,” kata Anne.

PT KCI melakukan rekayasa pola operasi di lintas Bekasi/Cikarang mulai 5 Desember 2019.

Dengan rekayasa pola operasi ini, pemberangkatan KA di Stasiun Bekasi bertambah dua jadwal yaitu KA 1327 relasi Bekasi – Jakartakota melalui Manggarai berangkat dari Stasiun Bekasi pukul 06:13 menggunakan rangkaian dengan formasi sepuluh kereta (SF 10).

Kemudian, KA 1331 relasi Bekasi – Jakarta Kota melalui Manggarai berangkat dari Stasiun Bekasi pukul 06:26 menggunakan rangkaian dengan formasi sepuluh kereta (SF 10).

Baca juga: Akademisi: Skema pembiayaan transportasi berbasis rel perlu dikaji

Selain rekayasa pola operasi, KCI akan memaksimalkan rangkaian dengan formasi yang lebih panjang yaitu 10 dan 12 kereta.

Rangkaian dengan formasi delapan kereta juga masih dioperasikan untuk lintas Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota yang melalui Pasar Senen.

“Dengan rekayasa operasi ini, PT KCI berharap pengguna dapat menggunakan alternatif tersebut dalam perjalanannya di pagi hari,” katanya.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019