Semua produknya ditujukan untuk kebutuhan dalam negeri dan hasil produksi pabrik ini akan menjadi produk substitusi impor
Cilegon, Banten (ANTARA) - PT Chandra Asri Petrochemical (Chandra Asri) turut menghemat devisa negara hingga Rp8 triliun dengan medirikan pabrik baru senilai Rp5,7 triliun yang memproduksi polyethylene (PE) di Cilegon, di mana produknya menjadi subtitusi impor.

“Semua produknya ditujukan untuk kebutuhan dalam negeri dan hasil produksi pabrik ini akan menjadi produk substitusi impor, sehingga Indonesia dapat menghemat devisa sebesar Rp8 triliun per tahun,” kata Presiden Direktur CAP Erwin Ciputra di Cilegon, Banten, Jumat.

Erwin memaparkan sejak didirikan pada 1992, Chandra Asri berupaya maju dan berkembang untuk menjadi mitra pertumbuhan bagi industri, pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Chandra Asri resmikan pabrik baru senilai Rp5,7 triliun

Adapun produk petrokimia yang diproduksi Chandra Asri dapat digunakan sebagai bahan baku untuk barang kebutuhan sehari-hari yang berguna untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

“Produk polyethylene kami merupakan bahan baku untuk produk pendukung infrastruktur, pipa air, kabel listrik, kemasan makanan, peralatan rumah tangga dan lain-lain,” ungkap Erwin.

Diketahui, dengan beroperasinya pabrik baru PE Chandra Asri, maka kapasitas produksi PE perusahaan bertambah 400 ribu ton per tahun, menjadikan total kapasitas produksi sebesar 736 ton per tahun.

Baca juga: Presiden bidik peningkatan investasi barang subtitusi impor

Neraca perdagangan ekspor dan impor untuk seluruh bahan kimia mengalami defisit sebesar Rp193 triliun, di mana nilai ekspornya mencapai Rp124 triliun, sedangkan impor Rp317 triliun.

Sedangkan, kebutuhan PE di dalam negeri mencapai 2,3 juta ton per tahun dan produksi dalam negeri hanya mampu memenuhi 280 ribu ton PE per tahun. Sehingga, 1,52 juta ton sisanya masih harus diimpor.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo mendorong masuknya investasi di sektor petrokimia untuk menekan impor produk ini. Bahkan, Presiden optimistis bahwa Indonesia akan menjadi negara pengekspor produk petrokimia dalam waktu empat tahun ke depan.

Baca juga: CAP kembangkan aspal limbah plastik kerja sama Pemkot Cilegon
Baca juga: Jokowi optimistis RI mampu ekspor produk petrokimia dalam empat tahun


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019