Pangkalpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menyebutkan penyalahguna bahan bakar minyak (BBM) jenis premium bersubsidi mulai marak dan harus ditindak sesuai peraturan berlaku, karena penyalurannya tidak lagi tepat sasaran.

"Saya sudah laporkan ke Kapolda agar dan ini sesuai petunjuk dan instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) bahwa subsidi yang diberikan pemerintah harus tepat sasaran," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Sabtu.

Menurut dia, apabila BBM subsidi ini tidak tepat sasaran, berati pemerintah daerah sudah melanggar instruksi Presiden Jokowi dan beliau berjanji akan mencubit kepala daerah yang tidak mentaati instruksi tersebut.

"Biasanya, cubitan Bapak Presiden Jokowi luar biasa sakitnya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama agar BBM bersubsidi ini tepat sasaran," ujarnya.

Menurut dia, para penyalahguna BBM khususnya jenis solar sudah mulai mengganggu dan tidak lagi tepat sasaran.

"Untuk saat ini, kita sudah memberlakukan "fuel card" BBM solar subsidi, agar tidak ada lagi penyalahguna solar ini," katanya.

Ia menambahkan saat ini penyalahguna BBM jenis premium subsidi mulai mengganggu penyaluran dan ketersediaan BBM masyarakat.

"Pada awal 2020 nanti, kita akan menerapkan fuel card premium subsidi ini agar tidak ada lagi penyalahguna BBM bersubsidi ini," katanya.

Baca juga: Pemprov Babel siapkan 20.000 kartu BBM solar subsidi

Baca juga: Pemprov Babel akan berlakukan "fuel card" pertanian

Baca juga: Babel terapkan kartu BBM subsidi di 50 pulau kecil

Pewarta: Aprionis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019