Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) selaku yang menaungi ritel modern harus jadi stabilisator harga ya menjelang Natal dan Tahun Baru nanti
Bandung (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat meminta ritel modern menjadi pengendali harga kebutuhan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional, seperti Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) selaku yang menaungi ritel modern harus jadi stabilisator harga ya menjelang Natal dan Tahun Baru nanti," kata Kepala Disperindag Provinsi Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana, di Kota Bandung, Senin.

Ia mengatakan ritel modern merupakan salah satu pilihan utama masyarakat ketika berbelanja, sehingga bisa menjadi stabilisator harga kebutuhan pokok.

"Walau pun ada pasar tradisional dan hampir 50 hingga 60 persen itu masyarakat memang lebih memilih berbelanja ke pasar rakyat (tradisional) tapi kalau ada yang lebih murah orang akan mencari (ritel modern)," kata dia.

Dia berharap menjelang Natal dan Tahun Baru masyarakat tidak memborong kebutuhan pokok atau panic buying.

"Kami berharap jangan sampai ada panic buying ya. Tapi, sejauh ini memang berdasarkan pantau kami untuk kebutuhan pokok masyarakat lebih kondusif atau lebih stabil dibandingkan tahun lalu," kata dia.

Baca juga: Kemendag pantau harga jelang Natal dan Tahun Baru

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019